Intip Sejarah Melegenda Leker, si Kue Tipis Adaptasi Makanan Belanda

Apakah Anda pernah mencoba kue leker ini? Biasanya kue tipis yang renyah ini dapat dengan mudah Anda temui di berbagai gerbang sekolah. Penjualnya sudah siap menunggu anak-anak untuk mengantri membeli jajanan manis yang lezat berikut ini.

Dengan berbagai toping yang menyenangkan seperti susu kental manis, meses, keju, beraneka ragam selai, maupun pisang yang merupakan versi originalnya dapat Anda kreasikan dengan mudah. Bentuknya yang tipis pun membuat siapa saja yang memakannya ketagihan dan menjadikannya tak cukup hanya satu.

Namun tahukah Anda bahwa leker merupakan makanan adaptasi yang telah ada sejak zaman kolonial? Dipercaya pertama kali berasal dari Solo, leker sendiri merupakan adaptasi dari panekuk  yang merupakan pancake khas Belanda yang sering dimakan oleh warga Belanda pada saat itu. 

Warga Solo pun membuat inovasi dari panekuk tersebut dengan membuat leker yang lebih tipis dan lebih murah menggunakan isian pisang dan susu. Namanya pun diadaptasi dari lekker yang berarti enak menjadi leker. 

Cara pembuatannya tergolong unik. Adonan yang berisikan susu, tepung terigu, air, juga gula dimasukkan ke dalam wajan berukuran kecil yang diputar di atas tungku api yang kecil juga. Saat adonan setengah matang ditambahkan toping yang diinginkan, lalu setelah matang leker akan diangkat dengan cara menumpuk kedua sisinya.

Tak hanya ada di Solo, pada saat itu masyarakat Surabaya pun membuat makanan serupa. Bedanya masyarakat Surabaya menambahkan telur pada adonannya sehingga ketika jadi bentuknya tak setipis leker yang ada di Solo. Pada leker versi Surabaya, lebih mirip dengan martabak manis hanya saja lebih tipis.

Kategori:Food Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.