Kenalan dengan Aliran J-Rock yang Unik Lewat Band-Band Jepang Ini

This image has an empty alt attribute; its file name is z0XBIUMLGHYnqqc-F7W6up3W4P4F_MAPEkwEdszyXLpc3lChBMqVdAgJ-jDm_zZiyHpJ-SvRDfA9HSkn6H9hZtNAhPKlb6i-fHxRC8ghtUj3axtLP0elsZ-_N7-YnN5LAJI44n7o

Pernahkah Anda mendengar aliran musik bernama J-Rock? Japanese Rock atau Nihon no roku merupakan sebutan bagi band yang mengusung genre rock dengan sentuhan Jepang yang sangat khas. Pertama kali populer pada tahun 1957-an aliran rock and roll yang sangat khas dengan sentuhan bass yang mendominasi jelas masih terasa hingga kini.

Keunikan lain dari aliran Japanese Rock ini adalah menjamurnya band rock dengan konsep Visual Kei. Berasal dari kata Visual yang berarti penampilan dan Kei yang berarti gaya. Para punggawa band yang mengusung konsep ini biasanya menampilkan gaya yang mencolok dengan make up yang tebal, tatanan rambut yang khas, juga pakaian yang tak kalah menarik perhatian. 

Memang tak semua band dari Negeri Sakura ini mengusung konsep Visual Kei sebagai ciri khasnya. Namun memang pembahasan tentang Visual Kei tak bisa dipisahkan begitu saja ketika membahas band dengan genre Japanese Rock yang begitu kental. Apakah Anda sudah siap untuk berkenalan dengan mereka?

X Japan

Salah satu band kenamaan Jepang yang sukses dengan Visual Kei adalah X Japan. Pertama dibentuk pada 1982, X Japan masih membuktikan eksistensinya hingga kini meski sudah beberapa kali melakukan pergantian personil. Tak hanya rock, belakangan ini mereka mulai merambah genre Heavy Metal.

L’arc en Ciel

Aktif sejak tahun 1991, band yang memiliki artian pelangi dalam bahasa Prancis tersebut masih eksis di dunia musik Jepang hingga kini. Pada mulanya mereka merupakan band dengan konsep Visual Kei, namun sejak 1994 mereka tak menggunakan konsep ini lagi. 

Meskipun sempat beberapa kali gonta ganti personil, band asal Osaka ini masih kompak bahkan masuk ke dalam deretan 100 musisi J Pop terbaik versi HMV pada 2003.

One Ok Rock

Ketika membahas mengenai band dengan aliran Japanese Rock, kita tak dapat melupakan band yang satu ini. Berasal dari Tokyo, band yang memulai debutnya pada 2005 ini nyatanya sukses hingga kancah internasional. Bahkan mereka pernah berkolaborasi dengan banyak musisi ternama seperti Avril Lavigne, 5 Seconds of Summer, hingga Kellin Quinn.

Categories: Music

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.