Pemerintah Akan Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Presiden Joko Widodo resmi menerapkan perpanjangan pada PPKM Darurat. Sebelumnya PPKM akan berakhir pada Selasa, 20 Juli 2021, namun opsi perpanjangan PPKM Darurat dilakukan hingga tanggal 25 Juli 2021 dan pembukaan secara bertahap akan mulai dilaksanakan pada Senin, 26 Juli 2021.  Hal ini disampaikan secara resmi melalui kanal Youtube resmi Sekretariat Presiden.

“Jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap.” Jelas Presiden Jokowi pada Selasa (20/07/2021).

Demi membantu menunjang kehidupan masyarakat, ia mengatakan bahwa pemerintah lewat kementerian terkait telah menganggarkan bantuan sebanyak 55,21 Triliun rupiah yang akan disalurkan dalam bentuk BST (Bantuan Sosial Tunai), BLT (Bantuan Langsung Tunai), dan bantuan lainnya.

“Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak, pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial 55,21 Triliun rupiah berupa bantuan tunai yaitu BST, BLT Desa, kemudian PKH juga bantuan sembako, kuota internet, dan subsidi listrik diteruskan.” Terangnya.

Tak hanya itu, sebanyak 2 juta paket obat gratis pun akan diberikan bagi orang tanpa gejala (OTG) juga masyarakat yang terpapar gejala ringan Covid 19.

“Pemerintah akan terus memberikan paket obat gratis untuk yang otg dan bergejala ringan yang direncanakan sejumlah 2 juta paket obat.” Jelasnya dalam siaran langsung tersebut.

Pemerintah pun berencana untuk memberikan insentif bagi sekitar satu juta pelaku usaha mikro. Dana yang dikucurkan pun sebanyak 1,2 juta rupiah bagi perorangnya.

“Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar 1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro, dan saya sudah memerintahkan kepada para menteri terkait untuk segera menyalurkan bansos tersebut kepada warga masyarakat yang berhak.” Ujarnya.

Dalam siaran langsung tersebut, Presiden Joko Widodo meminta agar seluruh lapisan masyarakat dapat bekerja sama dan bahu membahu dalam pelaksanaan PPKM ini. Harapannya semoga penambahan kasus positif Covid-19 segera berkurang dan tekanan rumah sakit menurun.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, seluruh komponen bangsa untuk bersatu melawan covid 19 ini. Memang ini situasi yang sangat berat. tetapi dengan usaha keras kita bersama insyaallah kita bisa segera terbebas dari covid19 dan kegiatan sosial, kegiatan ekonomi masyarakat bisa kembali normal” Pungkasnya di akhir siaran langsung tersebut.

Kategori:Hot News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.