Sindrom Paruresis : Takut Buang Air di Toilet Umum

Saat kita berada di tempat umum dan muncul keinginan untuk buang air otomatis kita akan mencari toilet umum untuk menyalurkanya. Hal itu adalah hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang, namun ternyata tak semua orang bisa buang air dengan mudah ketika berada di toilet umum.

 Bashful bladder syndrome (BBS) atau paruresis adalah ketakutan menggunakan toilet umum, kondisi dari masalah ini bisa mulai cukup ringan hingga sangat parah. Dilansir dari Times of India, paruresis ini biasanya disebabkan karena rasa cemas. Kecemasan ini menyebabkan otot menjadi tegang dan sulit untuk dilemaskan.

Saat kamu hendak buang air kecil kamu membutuhkan otot panggul dalam kondisi lemas. Sayangnya, jika kamu merasa tegang hal ini membuat kamu sulit untuk melemaskan otot panggul. Hal ini kerap muncul pada seseorang ketika ada orang lain di toilet. Dalam kasus yang parah, seseorang merasa benar-benar harus sendiri dan jauh dari orang lain untuk bisa buang air. Pada kasus unik tertentu, bau badan, suara, serta hal lain bisa menjadi penyebab masalah ini.

Penanganan dari psikoterapis bisa bermanfaat untuk mengatasinya ketika menngalami masalah ini, Selain itu, membiasakan diri dengan kebiasaan orang lain juga bisa menolong. Sebuah penelitian juga mengungkap bahwa terapi perilaku kognitif bisa membantu menangani masalah ini. Teknik relaksasi juga bisa dilakukan untuk menangani masalah ini

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.