Jika Sewaktu-waktu Terjadi Gempa, Apa Yang Harus Dilakukan?

Gempa bumi sering melanda di sejumlah daerah yang ada di Indonesia, tentu anda harus waspada Terutama bisa menyelamatkan diri anda serta keluarga anda. namun yang harus anda perhatikan, hindari kepanikan, atau ketakutan yang berlebihan, Justru hal itu akan membuat sulit diri Anda.

Adapun Berikut ini merupakan tips saat gempa datang, Yang dirangkum dari laman resmi BMKG, diantaranya jika anda berada di dalam bangunan maka lindungi badan serta kepala anda dari reruntuhan bangunan dengan cara bersembunyi di bawah meja ataupun properti lainnya. kemudian cari tempat yang paling aman dari runtuhan juga goncangan dan lari keluar apabila masih dapat dilakukan.

Jika berada di luar bangunan atau area terbuka Anda harus menghindari dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon, juga yang lainnya. Dan hindari Apabila terjadi di retakan pada tanah.

Jika anda sedang mengendarai Mobil, keluarlah terlebih dahulu, kemudian turun dan menjauh dari mobil, juga hindari apabila ada pergeseran tanah, atau kebakaran.

Selanjutnya jika anda berada di area pantai, jauhi pantai tersebut untuk menghindari bahaya tsunami, atau cari dataran yang lebih tinggi, selebihnya anda tinggal mengikuti arahan dari petugas setempat. Tidak lupa juga jika anda berada di area pegunungan, hindari tempat yang mungkin akan terjadi longsoran.

Yang terpenting anda bisa bergegas untuk dapat melindungi diri, termasuk jika gempa sudah usai, jangan langsung masuk ke rumah, atau bangunan tunggu beberapa menit, ataupun arahan dari petugas yang ada. Selain itu anda pun harus waspada dengan gempa susulan, maka dari itu diperlukan untuk selalu update informasi terutama dari BMKG.

Kategori:Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.