Kurtos Kalacs, Roti Bulat Khas Hungaria yang Sedang Naik Daun

Tak akan pernah ada habisnya ketika membahas mengenai dunia bakery. Setiap negara seolah memiliki ciri khasnya sendiri pada bakery yang mereka buat. Terutama pada negara-negara di wilayah Eropa. Roti-roti yang manis dengan aroma kayu manis yang khas merupakan ciri utamanya.

Kali ini, mari kita bermain-main sedikit ke wilayah Eropa Tengah tepatnya Rumania. Pernah mendengar wilayah bernama Transylvania yang terletak di Rumania? Di wilayah yang dikenal sebagai tempat para Dracula ini, terdapat roti manis yang kini populer di berbagai wilayah di dunia.

Roti ini bernama Kurtos Kalacs, yang populer di wilayah Rumania yang masyarakatnya populer menggunakan Bahasa Hongaria, atau di wilayah Székelys. Pertama kali ditemukan di Transylvania pada tahun 1784 dalam buku masak Countess Maria Mikes of Zabola.

Keunikan dari roti ini adalah bentuknya yang bulat dan memiliki lubang besar di tengahnya karena cara pembuatannya. Apabila dilihat lebih mendetail, bentuknya seperti sarang lebah di kartun, bukan?

Adonannya sederhana layaknya roti pada umumnya, menggunakan tepung, susu, telur, dan ragi. Adonan yang sudah kalis tersebut kemudian diletakkan memutar pada cetakan khusus yang terbuat dari kayu. Adonan roti lalu ditaburi gula pasir juga kayu manis.

Keunikan lain dari roti ini adalah pada cara pembuatannya. Tak seperti roti pada umumnya yang dipanggang di dalam oven. Cara memanggang roti ini adalah dengan memutar cetakannya di atas bara api. Tentunya cara ini membuat bagian luar roti sangatlah wangi dan kecoklatan, namun bagian dalamnya tetap lembut.

Pada versi originalnya, roti disajikan begitu saja. Namun kini banyak penjual yang mengoleskan aneka ragam selai di bagian dalamnya. Mulai dari coklat, matcha, bahkan lotus biscoff. Tertarik untuk mencobanya? Beberapa gerai Kurtos Kalacs sudah mulai buka di Indonesia, lho!

Kategori:Food Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.