Tidak Hanya Nikmat, Ini Dia Manfaat Makan Sushi Untuk Kesehatan

Sushi adalah makanan khas Jepang yang cukup terkenal dan menjadi menu favorit kebanyakan orang. Terdapat beberapa jenis sushi, tapi umumnya sushi tersusun dari nasi yang digulung bersama ikan, yang kemudian dilapisi rumput laut kering atau nori. Susunan pada sushi bisa bervariasi, misalnya nasi yang berupa nasi cuka atau nasi merah, ikan mentah atau matang, dan tambahan saus atau remah tempura. Meskipun di Indonesia penggunaan ikan mentah sebagai bahan makanan masih dianggap kurang lazim, nyatanya trensushi kini terus berkembang dan digemari oleh kawula muda, khususnya di kawasan perkotaan. Alasan tingginya peminat makanan ini tidak lain karena sushi dianggap lebih sehat. sushi juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Tak hanya lidah  yang dimanjakan dengan lezatnya sushi, tetapi juga organ-organ tubuh lainnya. Berikut beberapa manfaat makan sushi bagi kesehatan :

Sumber Protein dan Omega 3

Masakan Tradisional Jepang: Sushi - LIVE JAPAN (Jepang perjalanan dan  pariwisata pemandu)

Sushi merupakan sumber protein yang baik. Jika dikonsumsi secara rutin, makanan khas Jepang ini dapat membantu memperbaiki kerusakan otot. Selain itu, omega-3 yang terkandung di dalamnya menjadikan manfaat sushi baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian, sushi dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Antiradang

5 Fungsi Penting Wasabi pada Sushi & Sashimi, Wajib Ada Terus Nih!

Manfaat sushi berikutnya adalah memiliki efek antiradang. Khasiat ini diperoleh dari wasabi yang digunakan sebagai ‘teman makan’ sushi. Pada sebagian besar menu sushi, penggunaan wasabi merupakan hal yang lazim sebagai penambah uniknya rasa sushi. Wasabi merupakan pasta seperti sambal yang terbuat dari tanaman Eutrema japonicum.

Kaya Mineral

Fakta Unik Gari, Jahe Merah Muda Pendamping Sushi yang Punya Cara Khusus  Menyantapnya - Halaman all - Tribun Travel

Dalam tradisi makan sushi, acar jahe digunakan sebagai pembersih mulut yang menyegarkan di setiap suapan sushi. Hidangan pencuci mulut inilah yang menjadikan manfaat sushi bagi kesehatan cukup banyak. Jahe sudah terkenal sebagai herbal dengan berbagai manfaat sejak dulu. Jahe kaya akan kalium dan magnesium, serta dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Sumber Potasium

Salah satu manfaat sushi lainnya adalah sebagai sumber potasium. Kandungan potasium pada sushi ini berasal dari ikan salmon yang ternyata mengandung potasium lebih banyak ketimbang pisang. Potasium dipercaya baik untuk mengontrol tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke.

Meningkatkan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh

APA ITU INFLUENZA – Prodia OHI

Tidak hanya ikan, penggunaan sayuran dan buah seperti alpukat dalam sushi juga memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satunya yaitu kaya akan antioksidan. Kandungan ini memang dikenal baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai serangan penyakit seperti flu.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.