Cara Merawat Tanaman Sukulen Agar Tidak Mudah Busuk

Mendekorasi rumah dengan tanaman memiliki nilai fungsional, selain cantik juga dapat membuat ruangan lebih segar. Salah satu pilihan tanaman yang kecil dan dinilai lebih mudah dirawat adalah sukulen. Tanaman ini sejenis kaktus dan perawatannya gampang-gampang susah, berikut cara merawat tanaman sukulen agar tetap sehat dan tidak mudah busuk!

Pastikan pencahayaan cukup

HIAS RUMAH AGAR LEBIH CANTIK DENGAN TANAMAN SUKULEN

Sukulen biasanya disimpan di dalam rumah, namun tetap harus diperhatikan mengenai cahayanya. Karena tanaman sukulen sangat menyukai cahaya dan butuh sekitar 6 jam sinar matahari per harinya. Namun, hindari menaruh sukulen di bawah matahari langsung, cukup simpan di dekat jendela sehingga sukulen baru dapat beradaptasi dengan sinar matahari. 

Pindahkan tanaman secara rutin

5 Jenis Media Tanam Kaktus dan Sukulen | BukaReview

Memindahkan lokasi sukulen secara rutin dapat memberikan pencahayaan yang merata pada sukulen. Jika hanya diletakkan pada satu tempat saja, bisa jadi hanya satu bagian saja yang terkena matahari. Atau, Anda cukup memutar pot sukulen secara perlahan saat sedang berjemur di dekat sinar matahari. 

Siram secukupnya

7 Cara Merawat Sukulen agar Tidak Busuk dan Tetap Cantik

Tanaman sukulen tidak  perlu disiram sering-sering. Idealnya, cukup disiram seminggu atau dua minggu sekali dan tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Anda dapat menyiramnya dengan cara disemprot dan jangan sampai airnya menggenang di permukaan. Pastikan juga air penyiraman ini merembes dari lubang pot drainase agar akarnya tidak mudah membusuk. 

Pilih jenis sukulen sesuai kebutuhan

Jenis-Jenis Tanaman Sukulen Indoor yang Menarik

Ternyata, tidak semua jenis sukulen cocok untuk tumbuh di dalam ruangan. Jika ingin disimpan dalam ruangan, Anda dapat memilih sukulen yang lebih suka tempat teduh ketimbang yang sinar matahari karena tidak semua ruangan memiliki sirkulasi cahaya yang baik. Pilihlah sukulen yang memiliki warna hijau alami seperti Gasteria atau Haworthia, yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

Kategori:Home & Living

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.