Manfaat Teh Melati yang Kaya Antioksidan untuk Kesehatan

Ada banyak jenis teh yang beredar di pasaran, salah satunya adalah teh melati yang memiliki aroma menenangkan. Teh melati kaya akan kandungan antioksidan polifenol yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Selain itu, masih banyak manfaat teh melati lainnya bagi tubuh seperti berikut ini:

Menjaga kesehatan jantung

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Mudah

Rutin mengkonsumsi teh melati dapat menjaga kesehatan organ jantung, ini karena adanya kandungan polifenol yang dapat membuat jantung lebih kuat dan mengurangi resiko serangan jantung. Selain itu, antioksidan pada teh melati juga bermanfaat untuk menurunkan resiko kolesterol buruk dalam darah. 

Menurunkan berat badan

Berbagai Aturan yang Perlu Diperhatikan Saat Menurunkan Berat Badan -  Alodokter

Mengkonsumsi teh melati tanpa tambahan gula dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme ini lah yang akan meningkatkan pembakaran lemak di tubuh tanpa harus melakukan olahraga, kenaikan pembakaran lemak naik sekitar 10-16 persen. Untuk memaksimalkannya, dapat Anda iringi dengan rutin berolahraga. 

Menjaga kesehatan mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Sebuah studi menyatakan jika menggunakan obat kumur berbasis teh hijau selama seminggu, efektivitasnya sama seperti mengurangi plak gigi dengan obat kumur antiseptik. Selain itu, teh melati juga dapat mengurangi bau mulut dengan mengurangi bakteri penyebab bau mulut. 

Mengurangi stres

5 Cara Menghilangkan Stres yang Bisa Anda Lakukan

Teh melati memiliki efek relaksasi sehingga dapat membantu menghilang stres. Aroma yang dihasilkan memiliki respons parasimpatis terhadap bau yang dapat membantu tubuh melepaskan bahan kimia, sehingga akan terjadi efek relaksasi secara alami. Ini juga dapat membantu tubuh untuk meredakan nyeri, sakit kepala, dan nyeri otot. 
Nah, itulah beberapa manfaat dari teh melati yang dapat Anda coba. Namun, hati-hati bila dikonsumsi oleh ibu hamil karena adanya kandungan kafein yang dapat memberikan efek samping tertentu. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.