Ini Manfaat Sauna yang Dapat Anda Coba!

Sauna berarti mandi uap di sebuah ruangan tertutup layaknya spa dengan suhu yang tinggi, sehingga membuat tubuh berkeringat. Tak hanya sekadar berkeringat, ternyata sauna hampir sama dengan berolahraga. Biasanya orang-orang melakukan sauna untuk mendapatkan relaksasi, lebih dari itu sauna ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini!

Mengeluarkan racun dari tubuh

Sering Mandi Sauna? ini 4 Efek Sampingnya - JPNN.com

Suhu panas dari sauna dapat membuat suhu tubuh turut naik dan pembuluh darah membesar yang dapat menyebabkan aliran darah meningkat. Saat panasnya sudah mulai bergerak ke permukaan kulit, sistem saraf tubuh dapat mengirimkan sinyal ke kelenjar keringat untuk segera menghasilkan keringat. Nah, keringat inilah yang dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. 

Meredakan stres

Benefícios da sauna | Descubra no que a sauna pode ser útil

Mandi uap menjadi salah satu cara untuk merelaksasi diri, suhu ruangan yang hangat dan tenang dapat membuat Anda lebih nyaman sehingga bisa meredakan stres. Pada dasarnya, kegiatan yang membuat tenang dan nyaman dapat memberikan efek positif pada kesehatan mental Anda. 

Baik untuk kulit

Efek Sauna Mirip Olahraga Kardio, Apa Iya? - Info Sehat Klikdokter.com

Sauna dapat membantu membersihkan kulit, saat tubuh berkeringat maka kulit akan terasa lebih bersih karena sel-sel kulit mati menjadi rontok dan berganti dengan kondisi yang lebih baik. Dengan berkeringat, bakteri pada kulit akan keluar dari epidermis. Serta, pori-pori akan menjadi lebih bersih dan terbukti dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan lembut. 

Menurunkan tekanan darah

6 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam Waktu 10 Menit -  Citizen6 Liputan6.com


Sebuah penelitian menyatakan jika mandi uap di sauna selama 30 menit dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Ini terjadi karena suhu panas saat sauna dapat melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Selain itu, sauna juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga demensia. 

Kategori:Health

1 reply

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.