Kenalan dengan Seblak: Makanan Pedas yang Kini Ada di Mana Saja

Siapa yang tak kenal seblak? Rasanya makanan khas Kota Kembang yang satu ini telah dikenal oleh banyak orang. Cita rasa pedas dan gurih yang dimilikinya membuat siapapun yang menyukai seblak merasa senang. Belum lagi perpaduan antara renyahnya siomay dan batagor kering berpadu dengan kerupuk yang kenyal sangat memanjakan lidah Anda.

Tahukah Anda darimana asal kata seblak yang begitu populer? Berasal dari sebuah kosakata dalam Bahasa Sunda yakni “nyeblak” yang berarti terhenyak atau mengagetkan. Banyak orang yang mengaitkan terminologi ini dengan cita rasa seblak yang pedas dan membuat siapapun yang memakannya merasa kaget.

Mulanya, seblak hanyalah berasal dari kerupuk ikan berwarna oranye yang ditumis dengan bumbu. Meliputi bawang merah, bawang putih, garam, cabai rawit, cabai merah, penyedap rasa, dan kencur. Namun kini, seblak memiliki berbagai inovasi pada toping yang digunakan. Banyak penjual seblak yang menambahkan mie, telur, makaroni, hingga tulang ayam dan cekernya.

Pada kenyataannya seblak tak hanya menjual rasa pedas yang menyakitkan. Karena pada seblak terdapat berbagai bumbu yang menghasilkan cita rasa begitu khas dan tak dapat Anda temukan pada makanan lainnya. 

Salah satu komponen utama dari seblak yang sering terlupakan oleh penjual khususnya di luar Jawa Barat adalah cikur atau kencur. Ungkapan little thing matters sepertinya sangat mampu menjelaskan betapa berbedanya rasa seblak ketika kencur tak ada di dalamnya. Karena tak hanya mempengaruhi rasa, kencur juga mempengaruhi wangi dari seblak.

Terdapat dua jenis seblak yang dikenal luas di masyarakat. Yakni seblak basah yang memiliki kuah dan bertekstur kenyal. Ada pula seblak kering yang memiliki tekstur begitu renyah. Bumbunya pun tak jauh berbeda, hanya saja tak menggunakan air yang banyak dalam pembuatannya.

Kategori:Food Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.