Saat Cuaca Panas, Bolehkah Minum Air Dingin ? Begini Saran Ahli

Meminum air dingin saat cuaca panas memang sangat menyegarkan apalagi bila di tambah dengan es batu pasti sebagian besar orang akan tergoda. Saat cuaca panas umumnya para ahli kesehatan merekomendasikan semua orang untuk meminum air setidaknya 2 sampai 4 liter sehari dan lebih banyak ketika cuaca panas.

Minum air adalah salah satu cara paling baik untuk menjaga suhu tubuh pada tingkat yang bisa diterima gelombang panas. Melalui media sosial banyak orang mengingatkan untuk berhenti meminum air dingin ketika cuaca panas karena bisa mengganggu kerongkongan yang menyebabkan gejala tak menyenangkan seperti kram perut atau nyeri dada yang merupakan gejala khas kejang esophagus, perbedaan suhu pada air minum membuat tubuh mendistribusikan kembali darah dari tangan, kaki dan kepala ke perut yang menyebabkan hipotermia.

Dilansir dari Express, Para professional kesehatan tidak percaya bahwa air adalah penyebab kondisi tersebut. Para ahli percaya ada masalah kesehatan yang mendasar menyebabkan seseorang bisa jatuh pingsan, tak hanya karena meminum air dingin. Semua orang yang berada di bawah sinar matahari langsung akan merasa pusing, bila mereka melakukan aktivitas fisik yang mendadak. Heatstroke adalah resiko kesehatan khusus akibat kondisi ini sehingga orang-orang harus mewaspadainya.

Walaupun dapat mengembalikan cairan tubuh saat dehidrasi, air dingin juga menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan Anda. Apalagi jika Anda meminumnya terlalu banyak. Sebaiknya, perhatikanlah suhu air yang Anda minum. Air yang terlalu dingin bisa-bisa menyakiti gusi Anda atau sistem pencernaan. Oleh karena itu, usahakan untuk meminum air dengan suhu yang sama dengan ruangan Anda.

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.