Stop! Ini Dia Dampak Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Kemasan Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak pernah mengonsumsi makanan kemasan? Mulai dari susu, jus, daging olahan, buah-buahan, sampai makanan ringan, semuanya sudah ada dalam bentuk kemasan. Tak dapat disangkal baha makanan kemasan sudah menjadi bagian dalam kehidupan banyak orang. Makanan kemasan mengalami serangkaian proses pengolahan yang mengubah bahan mentah atau segar ke dalam bentuk lain. Proses ini menurunkan kandungan gizi makanan. Contohnya vitamin C dalam bahan pangan yang dapat rusak akibat proses pemanasan. Tak dapat disangkal baha makanan kemasan sudah menjadi bagian dalam kehidupan banyak orang. Tapi, di baik segala kemudahan itu, ada banyak bahaya makanan kemasan yang mengintai kesehatan tubuh Anda. Meski praktis, efek samping makanan kemasan tidak bisa Anda sepelekan. Bahaya makanan dalam kemasan yang perlu Anda waspadai, di antaranya:

Tidak Bernutrisi

Cara Membaca Label Fakta Nutrisi pada Kemasan Makanan

Biasanya makanan kemasan mengandung nutrisi yang sangat rendah dibandingkan makanan segar. Pasalnya, makanan kemasan harus melewati berbagai tahapan produksi yang membuat kandungan nutrisi dalam makanan berkurang. Makanan kemasan juga melewati proses pengolahan yang sering kali menambahkan bahan tambahan pangan (BTP). Proses ini dilakukan untuk memengaruhi sifat atau bentuk pangan, seperti pengawet, pewarna, atau pemanis buatan.

Mengandung Lemak Trans yang Tinggi

Cara Membaca Label Fakta Nutrisi pada Kemasan Makanan

Gula, garam, dan lemak trans biasa terkandung dalam makanan kemasan dalam jumlah tinggi. Inilah yang menjadi bahaya makanan kemasan bagi tubuh, karena bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakitKetiga kandungan tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Konsumsi gula yang tinggi dapat mengganggu metabolisme dan menyumbang kalori berlebih pada tubuh.

Mengandung Bahan Kimia Buatan

10 Penyedap dan Pengawet Kimia dalam Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Biasanya, makanan kemasan sering ditambahkan bahan pengawet, pewarna, penambah rasa, pemberi tekstur, sampai berbagai jenis pemanis buatan. Jika Anda sering membaca informasi yang ada di kemasan makanan, pasti Anda pernah menemukan berbagai nama bahan yang Anda tidak kenal. Itu mungkin bahan kimia buatan yang sengaja ditambahkan dengan fungsi tertentu. Walaupun bahan-bahan kimia tersebut telah teruji, tapi mungkin ini tidak benar-benar aman bagi kesehatan jangka panjang.

Kemasan yang Tidak Aman

Sebelum Salah Pilih, Kenali Dulu 5 Jenis Bahan Kemasan Makanan dan Minuman

Efek samping makanan kemasan bisa muncul akibat wadahnya yang tidak aman, misalnya berbahan bisphenol A (BPA). Penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat larut dalam makanan atau minuman. Jika masuk ke dalam tubuh dalam dosis yang besar, BPA dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker prostat dan penyakit jantung.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.