PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Simak Aturan Lengkapnya!

Program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 di wilayah Jawa dan Bali resmi diperpanjang hingga tanggal 2 Agustus 2021. Kebijakan ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Minggu (25/7/2021) di kanal Youtube Resmi Sekretariat Presiden.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial saya memutuskan untuk menerapkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021.” Jelasnya dalam Konferensi Pers Tersebut.

“Namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap, dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati.” Tambahnya.

Pada PPKM Level 4 kali ini, terdapat pengaturan yang cenderung lebih longgar dalam aspek ekonomi dan sosial bagi masyarakat. Namun masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Bagi pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari,  pemerintah memperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat. Sementara untuk pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50% sampai dengan pukul 15.00. 

Tak hanya itu bagi pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis akan diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00.

Lalu untuk warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diperbolehkan untuk buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung adalah 20 menit. 

Seluruh kebijakan tersebut nantinya teknis pelaksanaan secara langsung di lapangan akan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah masing-masing daerah yang masih menerapkan PPKM Level 4 ini.

Di akhir konferensi pers, Jokowi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut bahu membahu saling membantu agar Indonesia dapat segera terlepas dari pandemi covid-19 ini. 

“Dengan usaha keras kita bersama, insyaallah kita bisa segera terbebas dari dari Covid-19. Dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” pungkasnya.

Kategori:Hot News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.