Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat habbatussauda pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina, ilmuwan Persia yang dianggap sebagai salah satu pemikir dan penulis paling terkenal dari Zaman Keemasan Islam, dalam jurnal medisnya Canon of Medicine. Ibnu Sina menulis bahwa biji jintan hitam ini bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya. Dalam pengobatan tradisional, habbatussauda digunakan terutama sebagai perangsang produksi ASI, dan obat cacingan. serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh guna melawan penyakit menular pada orang yang memiliki sistem imun lemah. Habbatussauda juga telah digunakan untuk mengobati mata merah (konjungtivitis), wasir, luka bernanah (abses), rematik, reaksi alergi, hingga masalah pencernaan — seperti diare, disentri, sembelit, kolik, dan perut kembung.

Karena khasiat habbatussauda yang beragam, bijinya banyak diekstrak menjadi minyak dan kapsul. Kedua ekstrak itu bisa dikonsumsi secara langsung. Berikut ini adalah beberapa manfaat habbatussauda untuk kesehatan diantaranya :

Menekan Kadar Kolesterol

Kadar Kolesterol Baik di Dalam Tubuh Rendah, Apa Bahayanya?

Manfaat habbatussauda telah terbukti sangat efektif dalam menurunkan kolesterol. Dalam 17 penelitian menemukan bahwa memakan supelemen habbatussauda dikaitkan dengan penurunan yang signifikan pada kolesterol LDL atau kolesterol jahat. 

Melawan Kanker

AstraZeneca dan Mitra Bekerja Sama Melawan Kanker Paru - Hariansuara.com

Manfaat habbatussauda berikutnya yakni kaya akan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti kanker. Ditemukan bahwa senyawa thymoquinone dalam manfaat habbatussauda mematikan kanker dalam darah.

Meringankan Peradangan

Radang Sendi - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

peradangan adalah respon imun normal yang membantu melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. Di sisi lain, peradangan kronis diyakini berkontribusi terhadap berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat habbatussauda memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dalam tubuh.

Menstabilkan Gula Darah

13 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Halaman all - Kompas.com

Gula darah tinggi dapat menyebabkan banyak gejala negatif, termasuk peningkatan rasa haus, penurunan berat badan, kelelahan, dan kesulitan berkonsentrasi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa manfaat habbatussauda dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan dengan demikian mencegah efek samping yang berbahaya ini.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.