Mengenali Beragam Teknik Membatik

Selain memiliki keindahan yang menjadi warisan budaya Indonesia, batik juga menjadi salah satu bukti bahwa kekayaan Indonesia tak hanya ada di bahasa dan adat istiadatnya saja. Di Indonesia, terdapat banyak beragam jenis batik yang kita kenal. Beberapa daerah yang sering kita kenal sebagai penghasil batik adalah Solo dan Yogyakarta. Namun tahukah anda, terdapat beberapa jenis teknik membatik dalam proses pembuatannya? Berikut ulasannya.

Canting Tulis

Canting merupakan alat khas Jawa yang digunakan untuk membatik diatas kain mori. Dalam proses pembatikan, canting diisi cairan malam terlebih dahulu kemudian kain bisa di celupkan di pewarna. Untuk membuat batik dengan teknik canting tulis tidak mudah loh sobat glamours, butuh jiwa seni dan ketilitian yang tinggi. Tak heran jika harganya pun di bandrol dengan tinggi.

Printing

Batik Printing

Teknik yang satu ini memberikan waktu yang efisien dan cepat pada proses pembuatannya. Proses pewarnaan pada batik printing ini hanya diwarnai satu sisi saja. Dalam proses sekali cetakan satu warna, hanya dibutuhkan waktu 5 detik saja.

Celup Ikat

Jual Batik Ikat Celup handmade di Lapak Aminah Olshop | Bukalapak

Mungkin beberapa dari anda ada yang pernah mempelajari teknik ini di sekolah. Pembuatannya cukup mudah, yaitu hanya mengikat sebagian kain kemudian di celupkan pada cairan pewarna dan terakhir, bukalah ikatan pada kain. Kain yang terikat tidak akan kena warna sehingga akan membentuk suatu pola yang indah.

Cap

Apa Itu Batik Cap ? - JNJ Batik

Pada proses membatik ini menggunakan canting cap yang timbul. Dimana nantinya canting cap ini akan dicelupkan pada cairan malam lalu di tempelkan pada kain mori. Dalam pembuatannya, teknik ini memiiki kelebihan bisa lebih cepat dalam pemalaman.

Kategori:Fashion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.