Merasa Kulit Lebih Kering Saat Udara Dingin? Ini Dia Penjelasannya

Suhu udara yang dingin akan menyerap kelembaban dari sel-sel kulit Anda, dan menyebabkan kulit kering, kasar, dan kadang menjadi retak dan bersisik. “Saat cuaca dingin, kulit Anda mencoba untuk menghemat panas dengan menyempitkan pembuluh darah, yang pada gilirannya mengeringkan lapisan luar kulit,” jelas dokter kulit dari New York, Debra Jaliman, M.D. Inilah yang membuat kulit terasa kering dan terlihat kusam. Dan tambahannya, garis-garis halus akan tampak lebih menonjol. Oleh karena itu, perawatan kulit saat musim dingin umumnya akan berbeda dari hari-hari lainnya. Agar kulit senantiasa terjaga kesehatannya, berikut ini tips yang dapat Anda lakukan selama cuaca dingin.

Rutin Menggunakan Pelembab

3 Cara Simpel untuk Melembabkan Kulit Kering - Nyata

Saat Anda berada di tempat dengan suhu rendah, kelembapan udara pun umumnya akan turun dan menyebabkan kulit menjadi kering. Karena itu, saat cuaca dingin, penting bagi Anda untuk rutin menggunakan pelembap kulit.

Menggunakan Tabir Surya

Tips Mengoleskan Tabir Surya dengan Cara yang Tepat | Indozone.id

Salah satu tahap yang sering terlewat saat cuaca dingin adalah tetap menggunakan tabir surya. Meski sinar matahari tidak terasa terik, namun sinar matahari terutama sinar ultraviolet tetap dapat merusak kulit saat cuaca dingin.Karena itu, menggunakan tabir surya saat cuaca dingin tetap penting dilakukan, untuk mencegah efek buruk sinar matahari terhadap kulit. 

Hindari Penggunaan Sabun Belebih

Cuci Tangan Pakai Sabun Sebaiknya Kapan Saja?

Kulit kering yang kerap timbul saat cuaca dingin dapat diperparah oleh penggunaan sabun yang berlebihan. Maka dari itu, hanya gunakan sabun pada area kulit wajah yang diperlukan.Selain membatasi penggunaannya, Anda juga dapat mengganti sabun yang biasa digunakan dengan pembersih yang mengandung pelembap atau berbentuk gel, dan tidak mengandung parfum.

Sesuaikan Perawatan Wajah dengan Kondisi Cuaca

6 Cara Merawat Wajah yang Baik Ini Wajib Anda Lakukan Setiap Hari

Saat cuaca dingin, tahapan perawatan kulit yang dilakukan pun sebaiknya diubah. Pilih pembersih wajah yang berbahan dasar krim, dan kurangi pemakaian toner atau astringen. Sebab, kebanyakan toner maupun astringen mengandung alkohol yang dapat menyebabkan kulit kering.Saat kulit terasa kering dan gatal, Anda direkomendasikan untuk berhenti menggunakan produk kecantikan yang mengandung alkohol dan parfum, agar wajah dapat kembali lembap, dengan minyak alami yang dikeluarkannya.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.