Bukan Hanya Nyaman, Ini Manfaat Tidur dengan Selimut Tebal

Menggunakan selimut tebal saat tidur sangatlah nyaman, apalagi di malam hari yang cuacanya lebih dingin. Lebih dari itu, ternyata menggunakan selimut tebal saat tidur memiliki beragam manfaat yang tak terduga bagi kesehatan secara mental. Apalagi bagi Anda yang sering mengalami sulit tidur atau sering merasa cemas. Berikut manfaat tidur dengan selimut tebal!

Mengatasi stres dan cemas

Ketahui Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan - Alodokter

Menggunakan selimut tebal efektif untuk memberikan rasa rileks bagi Anda menggunakannya. Rasa rileks inilah yang dapat meminimalisir rasa stres maupun cemas yang sedang dialami. Ini terjadi karena adanya proses Deep Pressure Touch Stimulator (DPTS), yang mana tubuh merasakan sensasi seperti dipijat dan dipeluk dengan lembut yang dapat membuat tubuh lebih rileks.

Selain itu, proses DPTS juga dapat merangsang produksi serotonin pada otak secara tidak langsung. Hormon serotonin berfungsi untuk memperbaiki mood atau suasana hati. Ketika Anda sedang merasa cemas, cobalah untuk beristirahat sejenak untuk tidur dan menggunakan selimut yang tebal dan nyaman, ini juga diterapkan oleh tenaga medis untuk menenangkan pasien, loh!

Mengatasi insomnia

5 Minuman Sehat Atasi Insomnia yang Bikin Pusing Kepala, Ada Jus Ceri  Hingga Smoothie Pisang - Tribun Solo

Sulit tidur karena insomnia rasanya sangat mengganggu, kurang tidur juga dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan yang serius. Salah satu penyebab insomnia adalah stres, untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan selimut tebal saat tidur. Lagi-lagi, ini karena efek dari proses DTPS yang dapat membuat tubuh Anda lebih tenang dan membantu tubuh untuk terlelap.

Menjaga kesehatan kulit

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tanpa Perlu Banyak Duit | HonestDocs

Apakah Anda menggunakan pendingin atau AC saat tidur? Jika iya, itu akan mengambil kelembaban ruangan termasuk kulit Anda sehingga akan cenderung lebih kering. Menggunakan selimut saat tidur dapat menjadi penghalang atau oklusi pada penguapan lapisan kulit, jadi kelembaban kulit akan lebih terjaga karena tidak terkena udara pendingin secara langsung.

Terapi autisme

Ada Alasan Kenapa Kita Tidak Bisa Tidur Tanpa Gunakan Selimut | Kabar6.com

Para terapis sering menggunakan selimut tebal sebagai salah satu metode terapi autisme. Ini karena para penderita autisme seringkali dilanda rasa cemas dan depresi yang mengganggu, penggunaan selimut tebal berguna untuk memberikan efek tenang saat mereka muncul perasaan cemas.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.