Foie Gras ‘Toping Mewah’ Sisca Kohl yang Ternyata Dikecam Dunia

Sisca Kohl dikenal dengan berbagai olahan makanannya yang unik dan jauh dari kata murah. Mulai dari es krim dengan berbagai rasa yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, nasi goreng 400 juta, juga mie instan seharga 16 juta rupiah yang belakangan ini menuai kecaman.

Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan ia menggunakan foie gras yang dianggap kekerasan terhadap hewan oleh masyarakat dunia. Sejatinya, foie gras adalah makanan mewah yang terbuat dari olahan hati angsa. 

Makanan yang populer di prancis ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut. Di balik cita rasa menggugah selera yang ditawarkannya, cara pembuatan foie gras yang terbilang kejam membuat masyarakat dunia mengkritik makanan ini habis-habisan.

Bagaimana tidak, satu-satunya cara untuk menghasilkan foie gras adalah dengan memaksakan bebek atau angsa untuk makan terus menerus. Biasanya para peternak menggunakan selang besi panjang yang ukurannya sangat pas di mulut unggas. Lalu memaksakan unggas untuk menelan makanan tersebut.

Hal ini berguna agar hati angsa atau bebek dapat semakin membengkak bahkan lebih besar 10 kali lipat dibandingkan hati angsa atau bebek pada umumnya. Proses pemberian makan secara paksa ini diberi nama gavage, yang bahkan sudah diterapkan oleh masyarakat Mesir Kuno sejak tahun 2500 SM.

Gavage dalam pembuatan foie gras dianggap sebagai kekejaman terhadap hewan karena secara tak langsung membuat angsa atau bebek kesakitan. Ironisnya, hewan-hewan tersebut ditempatkan pada kandang yang sempit sehingga mereka tak banyak bergerak. Hal ini agar lemak pada hati angsa atau bebek tersebut tidak tercerna dengan baik dan mendapatkan bentuk serta tekstur yang diinginkan.

Hal tersebutlah yang membuat banyak masyarakat dunia yang mengecam olahan makanan ini. Bahkan meskipun menawarkan rasa yang lezat, foie gras mendapat penolakan di berbagai tempat salah satunya New York. 

Kategori:Food Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.