Mengenal Jenis Motif Batik Yogyakarta

Indonesia memilki banyak budaya yang menjadi khas daerahnya masing-masing. Salah satunya merupakan batik. Terdapat banyak jenis batik di Indonesia, di dalamnya terdapat motif yang memiliki filosofinya masing-masing. Salah satu penghasil batik terbesar di Indonesia adala Yogyakarta, dimana disana juga terdapat banyak berbagai motif dengan maknanya berikut merupakan ulasannya.

Motif Semen

Jogjasiana

Motif batik asal Yogyakarta satu ini berasal dari kata “semi” yang berarti tumbuh dan berkembang. Berornamen hias seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan, batik ini memiliki filosofi kemakmuran dan kesuburan yang dekat dengan alam semesta.

Motif Parang Rusak Barong

√ 15+ Motif Batik Parang : Gambar, Makna, Jenis, dan Sejarahnya

Anda pasti sudah tak asing bukan dengan motif batik yang satu ini? ya, motif batik ini menjadi cikal bakal motif batik parang lainnya. Namun, anda jangan menggunakan batik ini sembarangan karena memiliki makna yang cukup sakral. Dipercaya, jika anda menggunakannya di acara pernikahan maka akan berdampak negative pada kehidupan pengantin. Batik ini memiliki makna kekuasaan dan senjata.

Motif Kawung

Batik Kawung dan Penjelasannya | Batik Tulis Indonesia

Tak sembarang orang bisa memakai motif batik ini karena motif kawung memiliki makna yang melekat dengan kehidupan kerajaan. Bulatan lonjong pada motif ini di gambarkan sebagai buah kawung (kolang-kaling). Motif ini memiliki makna keadilan dan keperkasaan. Namun motif kawung disini juga melambangkan sesuatu yang suci dan murni.

Kategori:Fashion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.