Meski Banyak Manfaatnya, Ini Bahaya Menggunakan Essential Oil

Essential oil atau biasa dikenal minyak aromaterapi memiliki beragam jenis dari bahan tumbuhan alami, serta dipercaya dapat meredakan stres hingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Biasanya, essential oil digunakan bersama diffuser. Meski memiliki berbagai manfaat, essential oil juga memberikan bahaya jika penggunaannya tidak benar. Berikut bahaya yang bisa terjadi saat menggunakan essential oil!

Meningkatkan risiko penyakit jantung

3 Pilihan Pengobatan untuk Atasi Penyakit Jantung Koroner

Aromaterapi yang dihasilkan essential oil jika dihirup selama dua jam dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, relaksasi hanya terjadi pada tubuh namun tidak pada tekanan darah dan jantung Anda. Menghirup aromaterapi terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung secara perlahan. 

Iritasi kulit

9 Cara Ampuh Mengatasi Iritasi Kulit

Selain digunakan bersama diffuser sebagai pengharum ruangan, essential oil juga dapat digunakan langsung pada kulit. Namun, tidak semua orang cocok dan bagi beberapa orang akan mengalami iritasi kulit atau reaksi alergi. Ini dapat menimbulkan ruam, gatal, dan sensasi panas pada kulit. Sebaiknya, lakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakan dengan banyak pada kulit Anda.

Kulit menjadi lebih mudah terbakar

Cara Mudah Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Beberapa jenis essential oil dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Hindari penggunaan essential oil dengan aroma seperti akar angelica, bergamot, jinten, dan lemon pada bagian kulit yang sering terkena sinar matahari. Beberapa jenis tersebut dapat menimbulkan perubahan warna kulit hingga luka bakar jika penggunaannya salah.

Asma

Benarkah Sakit Mag Bisa Memicu Asma? Bagaimana Pengobatannya?

Essential oil memiliki kandungan Volatile Organic Compound (VOC) atau bahan organik yang dapat menguap di dalamnya. Bahan inilah yang dapat meningkatkan inflamasi pada tubuh sehingga mengganggu sistem saraf dan menimbulkan reaksi alergi pada sistem pernafasan jika dihirup. Bagi Anda pengidap asma dan juga mudah mimisan, hindari penggunaan essential oil. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.