Alasan Mengapa Kita Sulit Bangun Meski Sudah Menggunakan Alarm

Apakah Anda sering mengalami sulit untuk bangun pagi padahal sudah menggunakan alarm? Ternyata memencet tombol snooze atau tunda pada alarm untuk menambah waktu tidur dapat mengganggu kesehatan. Ini memiliki istilah ilmiahnya, simak berikut alasan mengapa sulit bangun meski sudah menggunakan alarm.

Tubuh memiliki beberapa mekanisme untuk tubuh untuk bisa langsung beraktivitas setelah bangun tidur di pagi hari. Salah satunya dengan memanaskan suhu inti tubuh agar Anda tidak mengantuk, dan kondisi ini dimulai sekitar 2 jam sebelum tubuh akhirnya siap untuk bangun. Saat Anda kurang tidur, tempat tidur akan terasa lebih nyaman dan akan lebih sulit untuk bangun.

Tidur memiliki beberapa fase, titik tertingginya adalah tidur REM atau Rapid Eye Movement, yaitu fase tertidur pulas. Ketika alarm Anda bunyi saat Anda mengalami tidur REM, akan membuat Anda berat untuk bangun, bahkan merasa linglung dan pusing. Inilah faktor utama Anda sulit terbangun meski sudah menggunakan alarm. 

Dampak menekan tombol snooze

Lose the Snooze – The Harbinger

Biasanya, Anda mungkin memencet tombol snooze karena masih merasa ngantuk dan berencana untuk terlelap sejenak. Nah, kebiasaan ini justru akan membuat Anda semakin kesiangan. Ini karena tubuh akan mengulangi siklus tidur dari awal lagi. Setelah bunyi alarm kembali bunyi, Anda akan sangat terkejut dan ini bukan respon alamiah tubuh.

Rasa terkejut yang muncul dan perasaan uring-uringan disebut inersia tidur, atau kondisi di mana perasaan terkejut yang muncul ketika terbangun dari tidur yang pulas. Jika ini dilakukan berulang kali, tubuh akan kebingungan dengan siklus tidur Anda dan impasnya tubuh akan mereka bebas untuk tidur selama apapun. 

Lalu, bagaimana agar bisa langsung bangun? Usahakan untuk tidak memencet tombol snooze. Kemudian simpanlah hp atau jam yang Anda gunakan untuk alarm lebih jauh dari tempat tidur. Ini akan memaksa Anda untuk bangun dan mematikan alarmnya. Pilih juga bunyi alarm dengan melodi yang tenang, bukan yang membuat Anda kaget karena tidak baik bagi kualitas tidur Anda.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.