Dibantu Asta RAN, Handy Soulvibe dan Kamga, SEBY Rilis Single Debut “Berubah”

SEBY adalah penyanyi, pencipta lagu, multi-instrumentalist berumur 17 tahun yang baru saja merilis lagu debut berjudul “Berubah” pada tanggal 9 Juli 2021. Lagu “Berubah” sendiri memiliki aliran contemporary R&B yang terinspirasi dari karya-karya Ciara, Summer Walker, dan JoJo. Sementara, permainan gitar dalam lagu “Berubah” dipengaruhi oleh gitaris Neo-Soul seperti H.E.R, John Mayer, dan Isaiah Sharkey.

Lagu tersebut diciptakan oleh SEBY ketika ia berumur 13 tahun, sampai akhirnya diproduksi secara profesional pada umur 16 tahun bersama Asta Andoko dan Ramadhan Handy [Kanan Musik] dengan Mohammed Kamga sebagai vocal director, juga sebagai backing vocals.

Lagu “Berubah” berawal dari pengalaman patah hati pribadi saat aku berumur 13 tahun, ketika seseorang yang aku sayangi berubah sikap drastis. Yang tadinya saling peduli, tiba-tiba dia menutup diri dan menjauh dariku. Lebih sakitnya, aku tidak pernah diberitahu alasan dari perubahan sikapnya, jadi aku terus bertanya-tanya bagaimana aku bisa menyelesaikan masalahnya, padahal aku sendiri juga ga tau masalahnya apa. Sehingga, hubungan tersebut menjadi toxic relationship dimana aku sering dimanfaatkan, karena dia tahu aku rela melakukan apapun untuk mengembalikan hubungan kita yang dulu. Akhirnya, dalam situasi itu aku sadar bahwa ga semua hubungan itu harus diperjuangkan. Meskipun masih berharap, kalau sudah melukai satu sisi dan sudah lelah memperjuangkan kasih sayang kita untuk mereka, lebih baik melepas hubungan.

Tertulislah bagian lirik favoritku, “bagai bunga dan benalu” yang menurutku sangat merepresentasikan keseluruhan lagu yang bercerita tentang toxic relationship.

Kejadian tersebut aku tulis menjadi puisi untuk kelas Bahasa Indonesia, dan kemudian dibanggakan oleh guruku di depan satu angkatan. Tanpa sadar, puisi itu aku abaikan selama dua tahun sebelum aku buat melodi dan chordnya, kemudian aku rekam secara profesional pada umur 16 tahun dengan Asta RAN dan Handy Soulvibe sebagai produser, juga Kamga sebagai vocal director dan backing vocals.

Inspirasi terbesarku adalah penyanyi-gitaris Neo-Soul seperti H.E.R dan John Mayer. Aku juga mengagumi vokalis contemporary R&B seperti Ciara, Jojo, dan Summer Walker. Maka dari itu, “Berubah” memiliki alunan chord Neo-Soul dengan teknik bernyanyi R&B.

Setelah rekaman, aku pergi ke Jogja selama tiga hari untuk syuting di gurun, gunung, dan pantai. Secara metafor, lingkungan yang berubah-ubah menunjukkan rasa yang aku alami ketika mencari kenyamanan dari orang-orang yang salah. Musik video tersebut berakhir dengan scene dimana aku berjalan di tengah gurun pasir, seolah-olah melepas masa lalu di tengah kesepian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.