Mengenal Keindahan Kain Tenun Insana Khas NTT

Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang diwarisi nenek moyangnya. Memiliki banyak pulau, di setiap daerahnya Indonesia memiliki adat istiadat, bahasa hingga keunikannya tersendiri. Termasuk pada jenis kain tradisional yang dimilikinya, mulai dari kain tenun, kain batik dan lain sebagainya. Salah satu kain yang terkenal adalah kain tenun khas NTT yang motifnya sudah populer di berbagai kalangan.

Kain Tenun Insana sendiri merupakan jenis kain tenun yang menonjolkan warna-warna cerah dan memiliki filosofi yang sangat dalam maknanya. Kain tenun ini dibuat full handmade dimana desainnya dibuat secara kontemporer. Nama insana sendiri diambil dari daerah yang terletak di Nusa Tenggara Timur.

Untuk Jenis motifnya sendiri, kain tenun ini memiliki dua motif yaitu motif sotis dan juga motif buna. Dimana pada kain sotis memiliki konsep dengan garis lurus dan mirror (pencerminan) pada motif kainnya. Sedangkan motif buna memberikan konsep geometris eperti segi empat dan konsep pencerminan pada kainnya.

Kain ini memiliki keistimewaan, beberapa diantaranya adalah memiliki nilai eksklusif dan bernilai tinggi karena murni buatan tangan 100%.

Kategori:Fashion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.