Lagi, PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 9 Agustus 2021

Presiden Joko Widodo mengambil keputusan untuk kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terutama wilayah dengan Level 4 hingga tanggal 3 Agustus 2021. Hal ini diinformasikan lewat kanal youtube resmi Sekretariat Presiden (2/8/2021) malam.

Keputusan ini diambil karena pemerintah merasa bahwa PPKM yang sebelumnya telah dilakukan dirasa mampu membawa perbaikan dalam beberapa indikator berskala nasional.

“PPKM level 4 yang diberlakukan tanggal 26 juli sampai dengan 2 agustus kemarin telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya. Baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus positif, tingkat kesembuhan dan persentase BOR,” jelasnya.

“Oleh karena itu dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai 9 agustus di beberapa kabupaten kota tertentu. Dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masih daerah,” lanjutnya dalam keterangan pers tersebut.

Jokowi menyatakan bahwa pemerintah melaksanakan kebijakan gas dan rem yang dinamis. Hal ini dikarenakan masyarakat dan pemerintah menghadapi ancaman yang sama berupa keselamatan jiwa sebagai dampak dari pandemi Covid-19 dan ancaman ekonomi kehilangan mata pencaharian hingga pekerjaan.

Jokowi mengatakan bahwa terdapat tiga pilar utama kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi ini. Mulai dari percepatan vaksinasi, penerapan 3M secara masif, hingga percepatan kegiatan tracing, isolasi, dan treatment juga menjamin ketersediaan oksigen dan obat-obatan.

“Kebijakan kita dalam penanganan pandemi covid ini akan bertumpu pada tiga pilar utama. Yang pertama kecepatan vaksinasi terutama pada wilayah-wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi. Yang kedua penerapan 3M yang masif di seluruh komponen masyarakat. Yang ketiga kegiatan testing tracing isolasi treatment secara masif termasuk menjaga BOR penambahan fasilitas isolasi terpusat serta menjamin ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen.” Ungkapnya.

Jokowi pun menyatakan akan terdapat penyesuaian kebijakan dalam rangka perpanjangan PPKM Level 4 ini. Hal tersebut nantinya akan disampaikan oleh menteri koordinator terkait secara terperinci.

Kategori:Hot News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.