Sering Insomnia? Hindari Hal Berikut Agar Mudah Tidur Nyenyak

Tidak semua orang mudah untuk tidur dengan nyenyak, beberapa justru seringkali mengalami insomnia atau sulit tidur. Kondisi ini tentunya dapat mengganggu rutinitas sehari-hari. Penyebab sulit tidur ada banyak, Anda perlu mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengatasinya. Lalu, hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi insomnia adalah dengan cara berikut ini:

Hindari penggunaan gadget

6 Bahaya Main HP Sebelum Tidur - Tribunnews.com Mobile

Seringkali kita sulit lepas dengan gadget, apalagi berselancar di sosial media sambil rebahan. Namun, kebiasaan ini kurang baik dilakukan sebelum tidur. Ini karena adanya cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget dan dapat mempengaruhi kinerja otak. Akibatnya, sinar tersebut dapat menipu otak untuk memberi sinyal masih siang, hingga Anda semakin sulit tidur. 

Makan berat sebelum tidur

Usahakan untuk berhenti makan besar paling lambat satu jam sebelum tidur. Karena, makan berat mendekati waktu tidur akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga dapat mengganggu waktu tidur Anda. Jika Anda lapar, dapat disiasati dengan makan makanan ringan seperti susu, biskuit, atau sereal. 

Minum kopi sebelum tidur

Minum kopi di malam hari dapat membuat Anda terjaga dan semakin sulit tidur. Kandungan kafein pada kopi yang membuat sulit tidur. Meskipun dipaksakan untuk tidur, Anda bisa terbangun kembali, akibatnya kualitas tidur Anda terganggu. Maka hindarilah mengkonsumsi kopi di malam hari, Anda dapat menggantinya dengan teh herbal yang relaxing. 

Olahraga berat sebelum tidur

5 Gerakan Olahraga Sebelum Tidur untuk Menurunkan Berat Badan | Galadiva.com

Melakukan olahraga memberikan efek lelah sehingga lebih mudah untuk terlelap. Namun, olahraga yang berat dapat memberikan efek segar pada tubuh dan membuat semakin terjaga. Jika Anda menjadi sulit tidur setelah berolahraga, cobalah untuk menggantinya dengan relaksasi seperti yoga atau meditasi.

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.