Pesona trend tie dye yang ngga ada matinya!

Fashion memang memiliki berbagai trend yang menarik untuk diikuti. Entah itu trend baru yang dapat diikuti seluruh kalangan, maupun trend lama yang naik kembali seiring dengan berjalannya waktu. Karenanya, trend fashion sangatlah fleksibel untuk diikuti oleh masyarakat.

Begitu pula dengan trend tie dye yang sempat naik kembali pada 2020 kemarin. Mulai dari kaos hingga piyama, tie dye memang memberikan kesan bebas dan santai bagi para pemakainya. Dengan warna yang colorful tentunya akan membuat Anda terlihat lebih playful!

Sebenarnya, apa sih tie dye itu? Dikenal dengan teknik ikat celup di Indonesia, tie dye merupakan sebuah teknik untuk mewarnai kain agar menghasilkan motif unik dengan warna tertentu. Seperti namanya yakni ikat celup, maka sebelum dicelupkan ke dalam pewarna kain akan diikat terlebih dahulu agar nantinya cat tersebut mengeluarkan motif tertentu.

Tie dye sendiri dikenal sebagai salah satu bentuk protes masyarakat Amerika pada tahun 1960an. Pada saat itu mereka memprotes sejumlah norma dan aturan yang dirasa terlalu ketat dan mengikat. Tak hanya itu, mereka pun menolak adanya sistem kapitalisme, materialisme, dan ingin menciptakan dunia dalam kedamaian. Orang-orang yang melakukan protes ini dikenal dengan Kaum Hippie.

Menilik lebih jauh, ternyata sistem pewarnaan dengan cara sejenis tie dye sudah ada sejak 600 tahun yang lalu, lho! Teknik ini pertama kali ditemukan di wilayah Afrika. Sekitar tahun 1700-1800 an, banyak imigran dari Afrika yang membawa kain ini ke Amerika. Dan sejak saat itu kain tie dye mengalami peningkatan pamor.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat tie dye memiliki banyak penggemar di dunia? Salah satunya adalah cara pembuatannya yang mudah dan dapat dikreasikan sesuai keinginan, membuat banyak orang ingin mencoba untuk membuat pakaian sejenis ini. Anda pun dapat membuatnya di rumah, lho. Dengan menyiapkan kaos putih, karet gelang, dan juga pewarna pakaian saja.

Tak hanya itu, pakaian jenis tie dye ini banyak disukai karena memiliki warna dengan ciri khas yang unik. Gradasi yang ditimbulkan dapat memberikan warna baru pada tampilan Anda. Sehingga Anda akan terlihat lebih ceria dan juga santai. Tertarik untuk mencoba trend satu ini?

Kategori:Fashion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.