Suka Makan Berlebih saat Emosional? Ini Cara Mengatasinya!

Ada banyak cara setiap orang untuk melampiaskan rasa emosionalnya, terlebih saat stres. Terdapat orang yang makan secara berlebih saat emosional, dan ini disebut sebagai emotional eating. Hal ini tentunya tidak baik karena hubungan dengan makanan menjadi buruk. Berikut beberapa cara dalam mengatasi makan berlebih saat emosional:

Kenali penyebabnya

Bosan dengan Pekerjaan? Coba Terapkan 5 Hal ini untuk Kembali Semangat  Halaman all - Kompas.com

Langkah pertama, kenali dahulu penyebabnya sebelum mengatasi makan secara berlebih. Ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu seperti karena bosan, sedang stres, atau depresi. Ketika masalahnya karena bosan, Anda dapat melakukan aktivitas lain yang Anda sukai agar terdistraksi dari makanan.

Ketika makan berlebih saat stres, cobalah untuk melakukan olahraga yang menenangkan seperti yoga, meditasi, atau sekadar jalan-jalan. Lalu, jika penyebabnya depresi, carilah teman untuk mengobrol atau bermain dengan hewan peliharaan. Jika dirasa sudah terlalu parah dan sangat mengganggu, tanyakan kepada psikolog. 

Ganti menjadi camilan sehat

Banyak Makan Sayur dan Buah Mengurangi Risiko Kematian, Apa Sebabnya?  Halaman all - Kompas.com

Mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan manis, atau camilan keripik tidak baik dikonsumsi secara berlebih. Sebagai alternatifnya, Anda dapat mengganti camilan-camilan tersebut kepada buah-buahan dan sayuran. Selain lebih rendah kalori, buah juga lebih kaya akan nutrisi. Ini dapat menjadi pilihan saat Anda ingin makan sesuatu yang manis.

Apalagi beberapa buah dapat membantu menenangkan pikiran Anda. Misalnya jeruk mandarin yang dapat memperkuat kekebalan tubuh dan juga dapat mengatasi stres. Lain halnya jika Anda ingin sesuatu yang asin dan garing, kacang-kacangan dapat menjadi pilihan. Pilihlah seperti kacang almond atau mete, yang rendah kalori dan bernutrisi. 

Minum teh hitam

Benarkah Teh Hitam Juga Bisa Membantu Turunkan Berat Badan?

Ketika sedang stres, hormon kortisol akan meningkat dan bisa berdampak pada kenaikan berat badan. Untuk menguranginya, Anda dapat mengkonsumsi segelas teh hitam. Saat stres Anda mereda, perasaan ingin melampiaskan kepada makanan juga menjadi berkurang. Ditambah, mengkonsumsi teh hangat dapat memberikan efek relaxing.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.