Meski Seru, Ini Dampak Negatif dari Binge Watching

Menonton serial atau film menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu di rumah. Beberapa orang bahkan sampai lupa waktu dan mengalami binge watching, ini merupakan perilaku seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk menonton banyak episode serial. 

Meskipun seru, aktivitas ini membuang waktu yang banyak dan juga dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut beberapa dampak negatif yang dapat terjadi saat Anda melakukan binge watching!

Mengurangi kualitas tidur

Waspada, Kurang Tidur saat Puasa Bisa Ganggu Kesehatan

Saat melakukan movie marathon, tubuh akan selalu terjaga dan otak tetap aktif mengikuti jalan cerita dari film yang Anda tonton. Kondisi inilah yang membuat Anda lebih sulit tidur karena memikirkan jalan cerita dari film tersebut. Menurut penelitian dari Journal of Clinical Sleep Medicine menyatakan bahwa binge watching dapat membuat penurunan kualitas tidur hingga 98%. 

Mempengaruhi hubungan sosial

5 TV Shows To Binge-Watch During A Winter Storm – Houston Public Media

Tanpa disadari, binge watching dapat mempengaruhi hubungan sosial. Saat sudah ketagihan menonton, seseorang bisa saja tidak peduli lagi dengan orang-orang sekitarnya dan lebih malas ketika diajak bermain keluar. Apalagi jika ini terjadi pada anak, ini akan mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan orang lain. Dampak terburuknya, seseorang dapat menjadi antisosial.

Meningkatkan risiko diabetes

KENALI CARA MENDIAGNOSA DIABETES MELLITUS

Menonton televisi selama lebih dari dua jam per hari dapat mempengaruhi tingkat risiko penyakit diabetes tipe 2. Apalagi saat duduk dalam waktu yang lama dan jarang bergerak. Ini akan membuat tubuh kesulitan membakar kalori dari karbohidrat yang masuk, akibatnya akan terjadi penumpukan lemak yang berbahaya bagi tubuh.

Membuat berat badan naik

Kenapa Ngemil Popcorn saat Nonton Film Bikin Nagih?

Menonton lebih seru jika ditemani dengan camilan seperti popcorn, keripik kentang, atau mie instan. Saat makan sambil menonton, kita tidak akan sadar dapat lebih banyak makan bahkan tanpa berhenti. Kebiasaan seperti ini jika sering dilakukan dan tanpa diimbangi dengan olahraga akan beresiko meningkatkan berat badan. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.