Ini Alasan Mengapa Harus Rutin Menjemur Bantal dan Kasur

Seberapa sering Anda menjemur bantal, guling, dan kasur di bawah sinar matahari? Meski terdengar kuno, justru kebiasaan ini penting untuk dilakukan karena memberikan banyak manfaat. Di Indonesia, aktivitas menjemur bantal dan kasur sudah sangat umum. Berikut manfaat yang bisa didapat saat rutin menjemur bantal dan kasur di bawah sinar matahari!

Membasmi tungau

Tungau Kasur Bikin Gatal, Ini 5 Cara Membasminya - RoomMe

Kasur atau karpet yang gatal kemungkinan terdapat tungau atau kutu kasur di dalamnya. Untuk membasminya, Anda dapat menjemur semua perlengkapan tidur mulai dari bantal, guling, hingga kasur. Ini cukup efektif, karena tungau dan beberapa bakteri lainnya tidak bisa hidup di suhu yang tinggi. 

Menjaga ukuran asli peralatan tidur

Tips Menjemur Bantal dan Kasur - Pewangi Laundry

Apakah Anda memiliki perlengkapan kasur yang gepeng dan bentuknya tidak sama lagi seperti saat pertama kali membeli? Jika iya, cobalah untuk rutin menjemurnya. Karena, perlengkapan tidur kelamaan akan menjadi lembab setelah menyerap kelembaban dari keringat Anda. untuk mengembalikannya, cukup dijemur maka perlengkapan tidur Anda akan kembali mengembang. 

Membunuh kuman yang menempel

Demi Kesehatan, Jangan Lupa untuk Rutin Menjemur 4 Benda yang Digunakan  Setiap Hari Ini di Rumah - Tribunnews.com Mobile

Perlengkapan tidur terutama bantal dan kasur memiliki kontak yang erat dengan tubuh setiap hari. Tak heran lagi jika banyak kuman, bakteri, maupun virus dapat menempel di perlengkapan tidur Anda. Apalagi saat berkeringat dan langsung menyentuh kasur, selain menimbulkan bakteri yang dapat memicu jerawat, itu juga dapat membuat lembab. 

Dengan menjemurnya, di bawah paparan sinar matahari dipercaya dapat membunuh segala hewan mikroorganisme yang menempel di kasur. Pastikan jemur di bawah sinar matahari yang terik, ya!

Menghindari alergi

Apa Beda Kulit Berjamur dan Kulit Alergi? - Spesialis Klikdokter.com

Bagi Anda pengidap alergi debu, selain membersihkan kasur dengan vacum cleaner Anda juga dapat menjemurnya sesekali. Karena, debu yang menumpuk dan menempel di bantal serta kasur dapat menimbulkan alergi pada kulit maupun sesak dada.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.