Kupas Tuntas Sejarah Sneakers

Jika Anda diminta untuk menyebutkan salah satu jenis sepatu yang wajib dimiliki setidaknya satu di lemari Anda, pasti jawabannya adalah sneakers! Salah satu sepatu yang sangat ringan dan mudah dipadupadankan ini menjadi alasan mengapa sneaker begitu populer, terutama di kalangan anak muda.

Tak hanya itu, sneaker pun cocok untuk berbagai kesempatan. Mulai dari kegiatan hangout yang santai, kegiatan kampus yang casual, hingga membuat kegiatan yang formal menjadi lebih santai. Namun tahukah Anda mengapa sepatu yang begitu populer ini dinamai sneakers?

Konon katanya, sneakers sendiri berasal dari sebuah kata berbahasa Inggris yakni sneak atau mengendap-ngendap. Hal ini dikarenakan sol yang digunakan pada sneakers berasal dari bahan karet. Penggunaan bahan karet ini membuat langkah kaki menjadi tak terdengar saat berjalan, seolah tengah mengendap-ngendap.

Lalu, sejak kapan sih sneakers ini mulai digunakan oleh manusia? Sejarah mencatat bahwa sneakers pertama kali ditemukan pada akhir abad ke 18-an. Saat itu, sneakers masih dikenal dengan nama plimsolls atau sol yang terbuat dari karet. Uniknya, pada saat itu tak ada pembeda antara bagian kanan dan kiri sepatu ini sehingga kurang nyaman untuk dipakai.

Maju ke tahun 1892, sneakers pun berevolusi menjadi lebih nyaman untuk dipakai. Dengan pembeda antara bagian kanan dan kiri, lalu adanya bahan kanvas pada bagian atas untuk menutupi punggung kaki membuat sneakers mulai menemukan pasar yang tepat.

Di Amerika sendiri, sneakers mulai menunjukkan eksistensinya ketika dibuatnya perusahaan sepatu sneakers pertama pada tahun 1917 yakni Keds. Menjadi perusahaan sneakers pertama yang melakukan produksi massal, membuat masyarakat semakin mengenal sepatu super nyaman ini.

Sneakers pun melakukan ekspansinya ke berbagai wilayah di daratan Eropa pada 1924. Hal ini ditandai dengan dibangunnya pabrik sneakers oleh seorang bernama Adolf Dassler. Sudah bisa menebak nama brand apa yang ia buat? Yap, ialah pembuat brand Adidas yang mendunia. Sejak saat ini, sneakers pun mulai mendunia.

Lalu siapa sih yang berperan penting memperkenalkan sneakers pada khalayak ramai? Apabila menilik sejarah, sneakers sangat erat kaitannya dengan para musisi hip hop dan rock and roll yang sangat berjaya pada tahun 70-an. Tak jarang dari mereka yang menandatangani kontrak sebagai brand ambassador dari merek sneakers ternama. 

Begitulah sejarah panjang sneakers yang dulunya tak digemari hingga menjadi sepatu paling digemari di dunia. Kira-kira ada berapa banyak sneakers yang Anda miliki?

Kategori:Fashion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.