Mengenal Superfood dan Makanan Apa Saja yang Termasuk Superfood

Apakah Anda pernah mendengar istilah superfood? Superfood merupakan sekelompok makanan yang dianggap memiliki nutrisi yang begitu kaya, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun begitu, tidak ada kriteria khusus sebuah makanan dapat dikatakan sebagai superfood. Pengelompokan makanan ini bahkan terbukti dalam mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

Lalu, makanan apa saja yang termasuk dalam kategori superfood? Berikut daftarnya!

Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran yang memiliki daun hijau gelap seperti bayam, kale, sawi, dan pakcoy termasuk ke dalam makanan yang kaya nutrisi atau superfood. Selain itu, suplemen kesehatan seperti spirulina juga termasuk ke dalam jenis ini. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau gelap antara lain seperti zinc, kalsium, zat besi, asam folat, serat, vitamin C, dan antioksidan yang untuk mencegah dari penyakit.

Quinoa

5 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan dan Cara Memasaknya untuk Diet

Quinoa dapat menjadi alternatif jika Anda ingin mengganti nasi putih, ini cocok dimakan sebagai sarapan. Cukup rendam quinoa di susu favorit Anda untuk menambah protein. Quinoa berasal dari benih tanaman bayam dan mengandung banyak nutrisi seperti tinggi protein, asam amino, lemak sehat, niasin, kalium, magnesium, hingga vitamin B6. 

Telur

Amankah konsumsi telur mentah

Siapa sangka jika telur menjadi sumber protein yang termasuk ke dalam superfood? Ternyata, lebih dari sekadar sumber protein telur juuga kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin A, B, selenium, zat besi, kolin, fosfor, hingga antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.  Mengkonsumsi 1 butir telur setiap hari, dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Namun, batasi konsumsi telur setiap harinya, ya!

Blueberry

6 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan, Dapat Menjaga Kesehatan Tulang -  Ragam Bola.com


Blueberry seringkali menjadi deretan teratas makanan yang termasuk daftar superfood. Ini karena blueberry kaya akan vitamin dan serat. Nutrisi ini tidak hanya terdapat di blueberry tapi juga di dalam buah beri lainnya. Menurut penelitian, blueberry mengandung flavonoid yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita muda.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.