Menilik Filosofi Bendera Merah Putih

Setiap negara pastilah memiliki benderanya tersendiri sebagai simbol negaranya. Tak terkecuali negara kita tercinta yang akan merayakan hari jadi kemerdekaannya yang jatuh pada tanggal 17 agustus ini. Tak hanya sekedar bendera yang berkibar ketika upacara berlangsung atau hari-hari nasional lainnya. Di balik warna merah putih yang berkibar, terdapat sejarah dan filosofi dibaliknya.

Bendera sang saka merah putih menjadi identitas bagi negara Republik Indonesia. Untuk pertama kalinya, bendera merah putih di kibarkan pada tanggal 17 agustus 1945 dan dijahit oleh Ibu Fatmawati. Bender aini memiliki ukuran umum lebar 2/3 dari panjang dengan bagian atas berwarna merah dan bagian atas berwarna putih. Bendera ini memiliki nama sebutan lain seperti Bendera Pusaka, Sang Saka Merah Putih dan Sang Dwiwarna.

Kisah Fatmawati Teteskan Air Mata Saat Menjahit Merah Putih Halaman all -  Kompas.com

Jauh sebelum dijadikan bendera kebangsaan Indonesia, bendera merah putih ini dijadikan lambing kebesaran pada abad ke-13 oleh kerajaan Majapahit. Selain itu bendera merah putih juga digunakan pada perang Sisingamaradja IX dari tanah Batak. Perang aceh juga demikian, menjadikan umbul-umbul berwarna merah dan putih saat sedang tempur. Terakhir, pada tahun 1928 bendera merah putih dijadikan sebagai bentuk protes dan semangat kaum nasionalis untuk terlepas dari penjajahan Belanda.

Tentunya bendera merah putih ini memiliki makna dan filosofinya tersendiri. Merangkum nilai kepahlawanan, pratiotisme dan nasionalisme yang tinggi bagi rakyat Indonesia. Dari segi warna, bendera merah putih memiliki makna berikut:

  • Warna Merah: Mengartikan keberanian dan pengorbanan pahlawan dalam melawan penjaja
  • Warna Putih: Memiliki makna kemurnian dan dan niat suci para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
Sejarah Unik Asal Sang Saka Merah Putih, Benarkah Bahannya dari Tenda  Warung Soto? - RADAR DEPOK

Untuk ukuran bendera, terdapat perbedaan antara yang dikibarkan di Istana Presiden dan untuk penggunaan di lapangan umum. Untuk di Istana Kepresidenan yaitu berukuran 200 cm x 300 cm, sedangkan untuk di lapangan umum sebesar 120 cm x 180 cm.

Hendaknya untuk memperingati perjuangan para pahlawan di hari kemerdekaan ini, anda sudah pastikan bendera merah putih anda terpasang di depan rumah ya sobat glamours.

Kategori:Figure, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.