Edukasi Kesehatan Virtual Road To World Diabetes Day

Acara lanjutan dari acara road to world diabetes day yang telah diselenggarakan pada tanggal 10 kemarin kembali gelar. Di awali dengan battle pantun oleh para perwakilan TP PKK di berbagai kota, acara ini berlangsung seru dan fresh. Acara ini juga dihadiri oleh petinggi-petinggi yang bersangkutan seperti Annice Manthovani selaku Brand Associate Tropicanaslim, Atalia Praratya Kamil sebagai ketua TP PKK dan dr.Siska selaku Ketua Pokja IV TP PKK.

Acara ini digelar dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Jawa Barat untuk menjaga asupan gula, garam dan lemak (GGL). Digelar melalui dua platform yaitu Zoom dan juga Youtube streaming. Acara ini dibuka oleh Brand Associate, Annice Manthovani.

Menurut Atalia seperti yang diketahui, sekarang ini penyakit diabetes menjadi salah satu pemicu virus Covid-19 yang berbahaya. Sehingga masyarakat harus aware terhadap menjaga kadar gula. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta. Atalia berharap informasi edukasi mengenai diabetes ini disampaikan dengan masiv.

Pembukaan ini kemudian dilanjut oleh Dr.Siska Gerfianti, Diabetes dan hipertensi adalah penyakit tidak menular, namun sudah merambah ke segala usia. Terutama saat pandemi, semua aktivitas dilakukan secara Daring, sehingga pergerakan tubuh menjadi lebih sedikit. Data dari WHO mengatakan bahwa 1 dari 3 orang di dunia mengalami hipertensi karena asupan garam yang tidak teratur. Penyakit diabetes dan hipertensi biasanya menyebabkan komplikasi seperti gagal ginjal. Untuk menjaga asupan sehat GGL 4 sendok gula 1 sendok teh garam 5 sendok lemak.

Pada sesi pengisian materi diisi oleh Felicia Kartawidjajaputra selaku Nutrifood Research. Ia menyampaikan hal yang bisa dilakukan untuk mencapai kunci hidup sehat. Sedikitnya 40 % masyarakat Indonesia mengonsumsi gorengan dengan lemak jahat lebih dari sekali dalam sehari. Menyoroti aktivitas yang bergeser selama Pandemi, dimana masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget. Kebiasaan tidak sehat ini akan membuat berat badan anda bertambah. Berat badan yang berlebih dapat mengakibatkan obesitas. Obesitas merupakan faktor penting yang meningkatkan banyak penyakit kronis lain. Resiko obesitas adalah: Faktor resiko penyakit kronis, catasthropic illness, faktor resiko keparahan COVID-19.

Tiga pilar terpenting untuk mejaga kesehatan adalah pola makan sehat, kebiasaan olahraga, dan istirahat yang cukup. Felicia juga memperingati untuk pentingnya sarapan di pagi hari agar di siang hari makannya bisa diatur sehingga tidak kalap saat makan siang. Pada materinya, ia memberikan cara untuk mengurangi gula, garam dan lemak dengan alami, salah satu contohnya yaitu mengganti gula biang dengan gula alami seperti buah-buahan.

Diujung acara, terdapat sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri juga demo masak dengan celebrity chef Marinka. Diharapkan webinar ini menjadi media edukasi bagi para masyarakat dan informasinya tidak terhenti di para peserta saja, namun di sebarkan ke khalayak banyak.   

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.