Perlu Diwaspadai ! 3 Penyebab Mata Lelah Beserta Cara Mencegahnya

Setiap anggota tubuh, bahkan termasuk mata dapat mengalami kelelahan. Mata yang terasa lelah dapat menimbulkan kondisi yang tidak nyaman pada pengidapnya. Di era digital saat ini banyak sekali masalah umum yang bisa mempengaruhi penglihatan dan membuat mata lelah. Memfokuskan mata pada objek yang sama dalam waktu yang lama menjadi penyebab utama mata lelah.

Jika masalah mata lelah terus terjadi dan tidak di atasi bisa menimbulkan masalah yang lebih berat. Mata lelah bisa menyebabkan rasa sakit di belakang satu atau kedua mata yang tentunya dapat mengganggu aktivitas. Pada umumnya mata lelah dapat diatasi dengan memenuhi kebutuhan istirahat. Namun, jika mata lelah berlangsung dalam cukup lama kondisi ini dikategorikan sebagai gangguan mata.

Kenali Penyebab Mata Lelah

source : freepik

Ada sejumlah faktor penyebab mata lelah. Menghindari faktor-faktor ini bisa mencegah mata lelah dan meminimalisir masalah penglihatan lebih lanjut. Berikut beberapa faktor yang perlu Anda waspadai beserta cara mencegahnya :

Membaca tanpa jeda

source : freepik

Membaca tanpa jeda membuat mata harus terus fokus. Jika dibiarkan dalam waktu lama kebiasaan ini bisa membuat mata lelah. Mata perlu diistirahatkan saat membaca dalam waktu yang lama.

Melihat layar digital terlalu lama

source : freepik

Penyebab terbesar mata lelah adalah menatap terlalu lama layar seperti layar HP, TV, Komputer, tablet dan lain sebagainya. Orang yang melihat layar dua jam atau lebih berturut-turut setiap hari memiliki risiko terbesar mengalami mata lelah.

Berusaha melihat dalam cahaya yang sangat redup

source : freepik

Memainkan gadget di ruang yang gelap dan membaca di cahaya remang-remang menyebabkan kelelahan pada mata. Di kondisi yang remang-remang mata akan di paksa fokus melihat. Ini bisa menyebabkan ketegangan mata dan menyebabkan mata lelah.

Beberapa Cara Mencegah Mata Lelah

Posisikan Layar

Cobalah untuk sering-sering mengalihkan fokus setiap 20 menit untuk menghindari mata lelah. Pengalihan fokus harus 20 kaki jauhnya dan harus dilakukan setidaknya selama 20 detik. Posisikan layar setinggi mata atau sedikit dibawahnya ini berlaku untuk perangkat digital genggam seperti HP atau gagdet lainya harus di bawah mata.

Kurangi waktu yang dihabiskan untuk aktivitas tunggal

Membatasi waktu pada satu aktivitas adalah cara sederhana untuk menghindari kelelahan mata. Cobalah untuk menyelingi aktivitas utama dengan aktivitas lain yang menenangkan mata.

Gunakan obat tetes mata

Fokus yang intens. Terutama saat melihat layar, dapat mengurangi intensitas berkedip. Kurang berkedip bisa menyebabkan mata kering dan iritasi. Kamu dapat mengatasi ini dengan menggunakan tetes mata.

Kategori:Health, Uncategorized

Tagged as: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.