Gandeng Kemenkes dan BPOM RI, Nutrifood Gelar Webinar “Beat Obesity Community Festival 2021”

Diabetes masih menjadi mimpi buruk bagi masyarakat, pasalnya diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi penyumbang kematian terbanyak di dunia. Melansir dari Institute for Health Metrics and Evaluation, pada 2019 lalu diabetes melitus menyumbang setidaknya 6,23% kasus kematian di seluruh dunia.

Bahkan selama pandemi covid-19 berlangsung di Indonesia, sejumlah hasil survei yang dilakukan oleh Kemenkes RI menyatakan bahwa kasus penyakit tidak menular terutama obesitas mengalami peningkatan. Berbagai faktor menjadi latar belakangnya, seperti halnya masyarakat yang kurang bergerak juga pola makan yang kurang teratur.

Bulan November menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya obesitas yang mengancam. Adanya hari kesehatan nasional yang digalakkan setiap tanggal 12 November, tak hanya itu hari diabetes sedunia pun diperingati dua hari setelahnya atau tepat 14 November.

Karenanya, Nutrifood menggaet Kemenkes dan BPOM RI untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat lewat Beat Obesity Community Festival 2021. Lewat webinar yang dilaksanakan pada Kamis (4/11), sejumlah pembicara yang ahli di bidangnya pun mengisi acara ini.

Source: Karina Rahma

Pada sesi pertama, dr. Elvieda selaku Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan bahwa Prevalensi diabetes di tingkat nasional menunjukkan dari 6,9% pada 2013, dan merangkak naik menjadi 8,5% berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) yang dilakukan 2018 kemarin. 

Diabetes juga dapat menjadi jalan pintas penyakit-penyakit tidak menular lainnya seperti gangguan penglihatan, penyakit jantung, gagal ginjal, bahkan gangguan syaraf. Oleh karena itu, pencegahan diabetes sedini mungkin menjadi jalan utama bagi masyarakat.

“Pencegahan sedini mungkin adalah solusi terbaik agar terhindar dari dampak fatal diabetes. Terapkan perilaku hidup sehat dengan menjalani GERMAS dan CERDIK. Kuatkan komitmen untuk menjaga pola makan yang bergizi dan perhatikan asupan gula sehari-hari, rutin beraktivitas fisik, dan jangan ragu untuk segera periksakan diri ketika muncul gejala awal.”paparnya.

Sesi kedua dipandu oleh Yusra Egayanti, S.Si, Apt, MP, Koordinator Standardisasi Pangan Olahan Keperluan Gizi Khusus, Badan POM RI. Ia menyampaikan materi mengenai pentingnya membaca label di balik kemasan makanan yang hendak Anda beli. Hal ini dikarenakan banyak faktor pendorong penyakit tidak menular dan lebih bijak dalam mengkonsumsi gula setiap harinya.

Source: Karina Rahma

“Harapannya jika masyarakat membaca label, gizi dari makanan yang dikonsumsi lebih seimbang. Sudah banyak masyarakat yang mulai membaca label gizi, meski terkadang label harga dan label halal masih jadi pilihan utama masyarakat,” jelasnya.

Sesi terakhir merupakan sesi talkshow yang dipandu oleh Tommy Putro Wibowo. Diisi oleh dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM yang merupakan Dokter Spesialis Gizi Klinis, Susana, S.T.P., M.Sc., PD.Eng. selaku Head of Strategic Marketing Nutrifood, dan Marcellino Indrawan yang merupakan The New L-Men of The Year 2021 sekaligus seorang health influencer.

dr. Marya menegaskan bahwa obesitas merupakan penumpukan lemak yang terjadi dalam kurun waktu yang tak sebentar. Karenanya, untuk menurunkannya pun tak bisa dalam sehari dua hari. Pengukuran berat badan secara rutin pun harus dilakukan oleh masyarakat sebelum terlambat. 

“Cara pengukurannya dengan metode perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), yaitu jumlah berat badan (dalam kilogram) dibagi tinggi badan (dalam meter) kuadrat. Atau masyarakat pun bisa mengukur lingkar perut untuk lebih mudahnya,” jelas dr. Marya.

Marcellino pun turut mengajak masyarakat terutama anak muda untuk menjalani hidup sehat sejak dini untuk meningkatkan kualitas hidup juga produktivitas. Ia pun sempat bercerita mengalami perjalanan dietnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.