Sebelum Pakai Softlens, Kenali Kemungkinan Iritasi pada Mata Berikut Ini

Softlens atau kontak lensa menjadi alternatif lain dari kacamata. Selain dapat membantu penglihatan, softlens juga dapat membuat mata terlihat lebih cantik dan penggunaannya yang simpel. Namun, jika softlens digunakan dengan tidak baik dapat menimbulkan iritasi pada mata serta gangguan penglihatan lainnya. 

Sebelum menggunakan softlens, Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai dampak dari penggunaan softlens agar dapat diantisipasi dari awal. Masalah yang paling umum terjadi adalah iritasi mata  menjadi merah, mata kering, dan infeksi. Simak berikut ini penyebab dan cara mengatasinya!

Penyebab

Source: Freepik

Iritasi mata karena softlens sudah sering terjadi, ini karena penggunaannya yang langsung menempel pada bola mata sehingga lebih rentan menimbulkan masalah. Faktor kebersihan menjadi hal terpenting karena mata adalah organ yang sensitif. Saat Anda tidak hati-hati saat menggunakan softlens, misalnya tidak mencuci tangan terlebih dahulu atau tempat penyimpanan softlens yang kurang steril dapat memicu iritasi mata. 

Karena bersentuhan langsung dengan mata, softlens telah dirancang dengan bahan berstandar medis yang bersifat hipoalergenik, yaitu dibuat sedemikian rupa tidak bisa memicu reaksi alergi. Jadi, alergi yang dipicu oleh bahan softlens itu sendiri sangatlah langka. Umumnya terjadi karena adanya zat-zat asing yang ke dalam mata.

Selain itu dapat juga dipicu oleh kebiasaan buruk pengguna seperti menggunakan softlens yang sudah kadaluarsa, digunakan saat tidur, mandi, atau berenang. Kemudian pemakaian softlens bergantian dengan orang lain, hal-hal seperti ini perlu dihindari untuk menjaga kebersihan dan keamanan saat menggunakan softlens. 

Cara mengatasi iritasi

Source: Freepik

Ketika Anda sudah menyadari iritasi mata karena softlens, segara hentikan penggunaannya. Jangan dipaksakan untuk terus menggunakan saat mata terasa tidak nyaman, ini dapat memperparah rasa perih. Setelah dilepas, Anda dapat membilas atau membersihkan mata dengan air mengalir agar kotoran pada permukaan mata dapat hilang.

Kemudian periksa softlens Anda, apakah sudah rusak atau kadaluarsa? Jika iya, segera buang dan jika tidak bersihkan terlebih dahulu softlens sebelum disimpan di kotaknya. Anda juga dapat menggunakan obat tetes mata untuk mengurangi mata merah karena iritasi, dan segera datang ke dokter saat iritasi Anda semakin parah. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.