Super Mantap ! ‘Benua’ single kolaborasi Uberka bersama Cholil ‘Efek Rumah Kaca’

Uberka unit rock asal Jakarta, bangkit dari tidur panjangnya. Diskografi terakhir mereka mencatatkan sebuah album yang dirilis pada 2013 yang lalu. Kini, sebuah single berjudul ‘Benua’ telah dirilis pada 15 Agustus 2021 sebagai penanda kembalinya Uberka. Uberka hadir dengan beberapa perubahan dari segi wujud dan formasi mereka yang terakhir aktif hingga tahun 2016 silam. Kini Uberka diperkuat dengan dua personil, Tomi pada Vokal dan Gitar, dan Dodit pada Bass.

“Kalau dulu Uberka banyak makai ambience sebagai identitas musiknya, kali ini kita lebih banyak makai distorsi. Secara instrumen juga di materi-materi baru kita lebih banyak menggunakan instrumen organik, sementara dulu kita pakai drum machine.”, ujar Uberka.

Sebagai penanda bangun dari tidurnya, Uberka menghadirkan sebuah lagu yang turut dibangkitkan dari tidur yang pulas, Benua merupakan sebuah materi yang sudah diselesaikan Tomi sejak 2016 lalu. Bahkan jika ditarik mundur lagi, Benua merupakan sebuah lagu yang bisa dikatakan mati suri selama hampir 20 tahun, di mana lagu ini adalah lagu yang tidak pernah dirilis oleh Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca.

“Jadi ceritanya dulu sekitar tahun 2013 gue dan anak-anak management Efek Rumah Kaca ngontrak bareng. Dulu mereka makai komputer punya gue, trus pas gue lagi ngutak-ngatik komputer gue ngeliat ada filenya mereka dan gue dengerin. Gue tanya ke Ossi (Sound Engineer Efek Rumah Kaca saat itu) ini materi apa, ternyata itu file demo ERK yang nggak jadi dipakai untuk album satu. Jadi materinya itu bahkan materi 2000an awal. Gue suka banget sama Benua, lalu gue minta izin Cholil buat makai lagunya”, jelas Tomi tentang Benua.

Benua bercerita tentang seseorang yang merasakan dunia sedang baik-baik saja, namun pada kenyataan keadaan jauh dari baik-baik saja. “Waktu gue ngobrol lagi sama Cholil nanyain lagu ini tentang apa dia sejujurnya juga udah nggak inget. Tapi interpretasi dan pemahaman gue sih begitu, seseorang yang ngerasain semuanya aman, nyaman, tenang, tapi sebenarnya dunia tuh lagi berantakann banget. Tapi gue juga yakin ini bisa jadi beda banget dari apa yang ditulis sama Cholil termasuk secara emosinya. ‘Dinda’ yang di lirik awal verse juga gue biarin jadi tanda tanya aja itu siapa.”, cerita Tomi tentang Benua.

Benua akan menjadi gerbang penghantar menuju sebuah EP yang akan dirilis Uberka pada tahun depan sekaligus menjadi monumen penanda kembalinya mereka. Beberapa lagu telah dituliskan dan sedang memasuki proses akhir perekaman. Uberka juga membawa teman lamanya turut serta dalam rilisan kali ini, di mana Wendi Arintyo dari ALS Studio dipilih sebagai Mixing & Mastering Engineer pada lagu Benua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.