Tanpa Disadari, Ini Tanda-tanda Mengalami Kenaikan Berat Badan 

Source: Freepik

Bertambahnya berat badan tidak hanya terlihat pada berubahnya angka pada timbangan, tapi juga terjadi perubahan lainnya pada tubuh. Selain perubahan pada kondisi fisik, naiknya berat badan juga ternyata mempengaruhi kondisi mental. Ada beberapa hal yang jarang Anda sadari saat bertambahnya berat badan, seperti berikut ini:

Tubuh merasa mudah lelah

Source: Freepik

Ketika berat badan naik, ada kemungkinan untuk kadar lemak meningkat juga dan lemak ini kemudian menumpuk pada tubuh sehingga memicu peradangan. Proses peradangan ini turut berdampak pada kondisi saraf pusat, efeknya Anda akan lebih mudah lelah secara fisik. Selain itu tubuh juga harus bekerja lebih keras untuk membakar lemak ketiimbang membakar karbohidrat dan protein.

Timbul stretch marks

Source: Freepik

Kenaikan berat badan juga dapat ditandai dengan timbulnya stretch marks pada bagian tubuh. Ini karena saat berat badan bertambah kulit juga akan meregang lebih lebar mengikuti bentuk tubuh, sehingga struktur kolagen dan elastin kulit menjadi pecah. Padahal keduanya berperan untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Mudah gerah

Source: Freepik

Tanda berikutnya tubuh akan berkeringat lebih banyak, ini karena kelenjar keringat lebih aktif pada orang yang memiliki kadar lemak lebih banyak. Selain itu, karena ukuran tubuh yang bertambah besar maka jumlah kelenjar keringat juga akan semakin banyak. Tanpa disadari, saat bertambah berat badan Anda akan lebih mudah berkeringat, rupanya hal ini juga terjadi karena tubuh secara konstan membakar lemak. 

Tidur mendengkur

Source: Freepik

Ternyata ada hubungan antara kenaikan berat badan dengan mendengkur saat tidur, ini karena kelebihan berat badan dapat membuat seseorang mengalami sleep apnea atau kesulitan bernapas saat tidur. Ini dipengaruhi oleh lemak yang menumpuk di area organ pernapasan yang mengganggu jalur nafas dan seseorang dapat mendengkur. 

Kemudian kebiasaan mendengkur juga dapat tururr meningkatkan berat badan karena kualitas tidur yang buruk dapat membuat metabolisme tubuh terganggu. Kalori yang seharusnya dibakar saat tubuh sedang tidur akhirnya menumpuk karena kualitas tidur yang tidak baik. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.