Mendekati Harbolnas, Ini Cara Hemat Berbelanja Online Agar Tidak Kalap

Source: Freepik

Mendekati tanggal kembar 11.11 sejumlah e-commerce melangsungkan event diskon besar-besaran atau yang biasa disebut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Pada hari tersebut, dapat Anda manfaatkan untuk berbelanja online karena dapat membeli barang lebih murah dari biasanya. Berbagai e-commerce akan berlomba-lomba membanjiri diskon, promo, cashback, flash sale, hingga promo gratis ongkir. 

Agar Anda tidak kalap untuk membeli banyak barang saat harbolnas, berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk dapat berbelanja secara cermat, efektif, dan tentunya berhemat. Simak tipsnya berikut ini!

Atur skala prioritas

Source: Freepik

Saat melihat banyak barang diskon, rasanya ingin membeli semuanya. Namun, perlu Anda ingat untuk membeli barang yang penting dan dibutuhkan saja. Sebelum memasuki harbolnas, Anda dapat membuat wishlist terlebih dahulu dan diatur berdasarkan kebutuhan dari yang paling penting hingga tidak penting. 

Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan dan hanya karena sedang murah saja. Sebaiknya manfaatkan momen harbolnas untuk membeli kebutuhan pokok seperti kebutuhan rumah atau kebutuhan pribadi. Dengan begitu, Anda dapat menghemat dan kebutuhan tetap terpenuhi.

Riset harga terlebih dahulu

Source: Freepik

Karena banyak e-commerce atau marketplace yang menawarkan promo besar-besaran, penting untuk Anda dapat riset harga terlebih dahulu. Setelah memiliki wishlist apa saja yang ingin dibeli, berikutnya Anda dapat riset dari barang-barang tersebut di mana yang memberikan harga paling murah. Perhatikan detail-detail diskon di setiap tempatnya, dengan begitu Anda dapat mendapatkan promo dengan maksimal.

Mengatur budgeting

Source: Unsplash/@pickawood 

Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengatur budget yang akan dikeluarkan saat harbolnas. Ini dilakukan agar tetap hemat dan pengeluaran tidak membengkak nantinya. Misalnya, Anda mengatur hanya akan menggunakan 10% dari pendapatan bulanan atau hanya mengeluarkan budget sesuai barang yang akan dibeli saja. Setelah itu Anda harus berkomitmen untuk tidak berbelanja lebih sesuai dengan budget yang telah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.