Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Sakit Gigi yang Wajib Anda Tahu!

Source: Freepik

Tanaman lidah buaya umumnya dapat dijumpai di halaman depan rumah dan sering kali dimanfaatkan untuk rambut. Tak hanya itu, ternyata lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan masalah gusi, loh! Ini karena lidah buaya kaya akan antioksidan memiliki antibakteri serta dapat meredakan rasa nyeri. Simak berikut ini ragam manfaat lidah buaya sebagai obat mengatasi sakit gigi!

Mengatasi sariawan

Source: Pinterest

Lidah buaya dapat membantu mengobati sariawan, membantu mengurangi rasa pedih, dan juga membantu proses penyembuhan luka di mulut. Ini karena beberapa zat yang terkandung pada lidah buaya seperti anthraquinone dapat berfungsi sebagai zat antibakteri, antiinflamasi, antijamur, dan juga regenerasi sel. Cara penggunaannya cukup oleskan gel lidah buaya pada area sariawan selama tiga kali sehari. 

Menyembuhkan radang gusi

Source: Pinterest

Berkumur menggunakan mouthwash yang memiliki kandungan lidah buaya dapat membantu mengurangi radang gusi. Namun penggunaan mouthwash tidak bisa digunakan sendiri, tetap dibutuhkan treatment scaling untuk radang gigi. Selain itu Anda juga dapat mengatasi radang gusi dengan berkumur menggunakan air rebusan lidah buaya. 

Mencegah terjadinya karies

Source: Freepik

Berkumur menggunakan jus lidah buaya selama 7 hari dapat membantu menurunkan bakteri s.mutans yaitu bakteri penyebab karies gigi. Ini dapat menjadi alternatif yang baik bagi mouthwash dengan kandungan chlorhexidine yang rasanya kurang enak terutama bagi anak-anak. Anda dapat rutin berkumur dengan jus lidah buaya yang dilakukan seyelah sarapan dan sebelum tidur selama seminggu.

Mengobati luka di rongga mulut

Source: Freepik

Biasanya luka di rongga mulut disebabkan oleh gigi palsu yang kurang baik, misalnya memiliki tepi yang tajam atau terlalu cekat. Akibatnya menyebabkan luka di rongga mulut sehingga memicu peradangan. Anda dapat mengatasi masalah ini menggunakan gel lidah buaya karena adanya sifat antijamur serta antibakteri. Cukup oleskan gel lidah buaya pada luka di mulut, lidah buaya dapat meredakan peradangan luka tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.