Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Yoga dengan Meditasi

Source: Unsplash/Jared Rice

Yoga dan meditasi dipercaya dapat melepaskan stres dan merilekskan tubuh. Tak hanya memberikan ketenangan, keduanya juga dapat meningkatkan kebugaran. Meski terlihat sama, yoga dan meditasi merupakan dua hal yang berbeda, loh! Simak informasi berikut ini selengkapnya!

Perbedaan 

Source: Unsplash/Kaylee Garrett

Yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, serta pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Berasal dari India, Yoga sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Yoga bertujuan untuk mendapatkan kesehatan secara lahir dan batin, dapat membawa hidup lebih senang serta damai, serta mendapatkan tubuh yang ideal.

Saat melakukan yoga diharapkan seseorang dapat lebih mawas diri dengan kondisi tubuhnya dan betul-betul sadar terhadap apa yang sedang terjadi saat ini. Komponen utama pada olah tubuh yoga meliputi serangkaian gerakan yang dirancang untuk dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan teknik pernapasan.

Lain halnya dengan meditasi yang tidak melibatkan aktivitas gerakan tubuh. Sebenarnya, meditasi merupakan bagian dari yoga itu sendiri, biasanya meditasi dilakukan pada rangkaian terakhir gerakan yoga. Berbeda dengan manfaat yoga secara jasmani, tujuan akhir dari meditasi adalah mendapatkan kepuasan rohani atau spiritual yang berkaitan dengan kepercayaan. 

Mana yang lebih baik?

Source: Unsplash/Jose Varquez

Yoga dan meditasi keduanya sama-sama memberikan manfaat yang saling berhubungan. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan keduanya agar dapat memberikan efek yang optimal untuk tubuh Anda. Namun jika Anda ingin mengatasi stress, cemas, atau masalah mental lainnya mungkin meditasi menjadi aktivitas yang tepat. Ini karena meditasi dapat memberikan ketenangan pada tubuh. 

Lain halnya jika Anda ingin lebih berfokus pada kebugaran tubuh dan ingin memperbaiki postur tubuh, yoga dapat menjadi pilihan. Untuk melakukan yoga pastikan Anda mengikuti kelas yoga bersama instruktur yang berpengalaman, karena salah-salah dapat menimbulkan risiko masalah kesehatan. 

Anda tertarik mencoba yang mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.