Kenali Manfaat Essential Oil yang Baik untuk Kesehatan Rambut!

Source: Freepik

Essential oil banyak digunakan sebagai pengobatan alami yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaatnya adalah dapat menjaga kesehatan rambut dan mengatasi berbagai masalah pada rambut. Wanginya yang menenangkan dan mudah dijumpai dapat Anda jadikan alternatif dalam perawatan rambut. Berikut beberapa essential oil yang dapat menjaga kesehatan rambut!

Lavender

Source: Freepik

Salah satu essential oil yang paling umum digunakan adalah lavender yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak lavender mengandung zat antimikroba dan antibakteri yang baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala. 

Cara penggunaannya cukup campurkan 3 tetes minyak lavender dengan 3 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala. Lalu diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air.

Rosemary 

Source: Freepik

Essential oil yang berasal dari rosemary dipercaya dapat membantu menumbuhkan rambut. Ini karena minyak rosemary dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cara melebarkan pembuluh darah dan mendorong pembelahan sel di kulit kepada. Sehingga dapat memberikan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan folikel rambut. 

Selain itu, menggunakan rosemary oil juga dapat membantu menghilangkan ketombe dan menebalkan rambut. Anda cukup mengaplikasikan 5 tetes minyak rosemary di kulit kepada dan memijatnya setelah mandi. 

Cedarwood 

Source: Pinterest

Minyak cedarwood memiliki kandungan zat antijamur dan antibakteri yang dapat mengatasi masalah rambut dan kulit kepala seperti ketombe. Selain itu, dapat juga mempercepat pertumbuhan rambut serta mengurangi rambut rontok karena minyak cedarwood dapat mengendalikan produksi kelenjar minyak pada kulit kepala. 

Untuk cara penggunaannya, Anda dapat membuatnya menjadi masker rambut. Cukup tambahkan dua tetes minyak cedarwood dengan satu sendok teh minyak kelapa dan oleskan ke kulit kepala sembari dipijat. Lalu diamkan selama 30 menit dan cuci setelahnya.

Lemongrass

Source: Pinterest

Selain menjadi bumbu masak, lemongrass atau sereh juga baik untuk rambut, loh! Minyak lemongrass dapat memperkuat folikel rambut dan bagus untuk mengatasi masalah ketombe. Cara penggunaannya cukup teteskan 3-5 tetes minyak lemongrass ke kulit kepala saat mandi, diamkan selama 2 menit dan bilas dengan air dingin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.