Simak 4 Cara Mudah untuk Menghilangkan Milia dari Wajah

Source: Pinterest

Milia merupakan benjolan kecil seperti bruntusan yang kadang disebut sebagai komedo putih yang biasanya timbul di hidung, bawah mata, atau di pipi. Penyebab milia berasal dari penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan sebum hingga membentuk keratin. Umumnya milia dialami oleh bayi, namun tidak menutup kemungkinan untuk anak-anak hingga dewasa memiliki milia.

Kasus milia pada bayi lahir biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Lain hal dengan orang dewasa yang membutuhkan perawatan tersendiri. Berikut cara mudah untuk menghilangkan milia!

Rajin membersihkan wajah

Source: Freepik

Rutinitas membersihkan wajah wajib dilakukan untuk menjaga kulit tetap bersih, pastikan Anda selalu mencuci wajah dengan facial wash setiap hari. Produk facial wash yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, dan asam glikolat dapat membantu mengatasi kondisi kulit dengan sel kulit berlebih dan membantu membersihkan kotoran yang terjebak di pori-pori. Dengan begitu, secara perlahan mila akan mengecil dan cepat hilang. 

Rutin melakukan eksfoliasi wajah

Source: Freepik

Eksfoliasi merupakan teknik merawat kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Ini dapat membantu kulit bebas dari iritan yang menjadi penyebab milia, sehingga keratin di kulit tidak muncul berlebihan. Anda dapat rutin melakukan eksfoliasi menggunakan scrub atau chemical exfoliate yang mengandung bahan AHA BHA pada seluruh wajah. Lakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu. 

Gunakan masker wajah

Source: Freepik

Masker wajah dengan kandungan bahan yang dapat mencerahkan wajah dapat membantu menghilangkan milia di wajah. Anda dapat memilih masker wajah yang aman serta dapat mengatasi milia, misalnya masker dengan kandungan asam salisilat atau glikolat. Jika ingin yang alami, Anda dapat menggunakan masker dari madu manuka, yang dapat mengurangi peradangan akibat bakteri atau iritasi pada kulit. 

Pakai krim retinoid dan sunscreen

Source: Freepik

Krim retinoid dikenal dapat menghilangkan milia karena adanya kandungan vitamin A, Anda dapat menggunakannya rutin sehari dalam sehari. Setelah itu jangan lupa untuk menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Perpaduan krim retinoid dengan sunscreen dapat meringankan iritasi kulit dan membantu menghilangkan milia. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.