Dukung Diabetes di Masa Pandemi, Tropicana Slim Gelar #Hands4Diabetes2021 Online Festival

Hari Kesehatan Nasional (HKN) kerap kali diperingati pada tanggal 12 November. Pertama kali dihelat pada tahun 1959 silam, tahun ini menjadi kali ke 57 peringatan kesehatan di Indonesia ini. Tepat dua hari setelahnya atau tanggal 14 November, dunia memperingati hari diabetes atau world diabetes day.

Momen yang berdekatan ini membuat Tropicana Slim kembali menyelenggarakan #Hands4Diabetes2021 Online Festival. Dengan misi meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terkait diabetes terutama di masa pandemi, acara ini digelar mulai tanggal 12-14 November 2021 secara virtual.

Pada Jumat (12/11) terdapat dua sesi yang diselenggarakan, yakni Meet the Doctor bersama dr. Marta Rosana, Sp. PD yang merupakan staff Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI. Sesi kedua yakni Sharing and Testimonial Sobat Diabet bersama dr. Rudy Kurniawan, Sp. PD selaku founder Sobat Diabet dan Machrosin (Osy) yakni seorang relawan dan diabetesi.

Dalam masa pandemi seperti ini, banyak keterbatasan yang timbul membuat diabetesi kesulitan untuk melakukan self management. Terutama dalam mencari akses terpercaya terhadap informasi untuk kesehatan para diabetesi. Terdapat beberapa poin penting yang dapat dilakukan oleh diabetesi, mulai dari mengatur pola makan hingga rutin memeriksakan diri.

“Manajemen diabetes dapat meliputi beberapa poin penting, dimana hal ini tentunya penting dilakukan termasuk pada masa pandemi ini, di antaranya pengaturan pola makan yang sehat, rutin beraktivitas fisik, konsumsi obat dan penggunaan insulin sesuai anjuran dokter, rutin memeriksa kadar gula darah dan kondisi kaki, serta menjaga kesehatan emosi2,” papar dr. Martha

“Selain itu, self-management pada diabetesi tentunya tetap memerlukan bantuan dan dukungan dari tenaga kesehatan. Untuk itu, diabetesi disarankan untuk menghubungi dokter atau tenaga kesehatan dengan layanan telemedicine apabila memiliki kekhawatiran terhadap kondisi mereka atau mengalami gangguan kesehatan tertentu,” lanjutnya.

Setelah mengenal self management, yang tentunya didampingi oleh tenaga kesehatan. Ada dua dukungan yang sangat penting bagi diabetesi yaitu internal support dan external support. internal support meliputi dukungan dan penanganan diabetes oleh dokter dan pasien diabetesi. Dukungan tersebut sangat penting dan berpengaruh terhadap ketaatan dalam menjalankan pola hidup sehat. 

Sedangkan external support meliputi dukungan emosional dan dukungan sosial dari komunitas, keluarga, teman ataupun orang terdekat yang ada di sekitar kita. Dukungan tersebut berperan dalam menghilangkan sikap malas yang dialami oleh diabetesi. Karena pada hakikatnya tanggung jawab atas pola hidup sehat akan melekat pada pasien diabetesi.

“Pada awalnya tanggung jawab yang dialami oleh diabetesi hanya melekat pada diri sendiri, seiring dengan berjalannya waktu konsep soliter yang harus dijalankan oleh pasien diabetesi tidak layak untuk kita pertahankan, karena pada akhirnya penyakit diabetes itu sendiri adalah tanggung jawab yang bersifat komunal,” tutur Marchosin (Osy) selaku founder Sobat Diabet.

“Menurut saya support system yang diceritakan oleh dr. Rudy Kurniawan, olahraga bareng, makan bareng, dan lebih sensitif serta menghargai saat kumpul bareng. Hal-hal seperti itu menurut saya manis walaupun tidak bisa dirasakan dengan lidah karena pemahaman tentang penyakit diabetes sangat sulit untuk bisa diterima oleh sebagian orang apalagi kalo harus dealing dengan vonis dokter tentang rentan usia nya.” Lanjutnya.

Oleh karena itu self management dan support system memiliki dampak besar untuk pasien diabetesi. Kecil atau besarnya kesadaran yang dimiliki oleh pasien diabetesi, akan berdampak baik untuk proses penyembuhan dan menjalankan pola hidup sehat. Begitu juga dengan dukungan emosional dan moral yang didapatkan oleh pasien diabetesi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.