Sunday Scaries: Alasan Takut Menghadapi Hari Senin

Source: Freepik

Apakah Anda pernah merasakan cemas setiap kali sudah di penghujung akhir pekan? Fenomena ini disebut sebagai sunday scaries atau minggu yang menakutkan. Pada kondisi ini seseorang merasa cemas dan takut untuk menghadapi esok hari. Karena memasuki hari senin berarti kembali beraktivitas dan kembali ke rutinitas setelah beristirahat di akhir pekan. 

Lalu, lebih jelasnya apa itu sunday scaries dan apa penyebabnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Apa itu sunday scaries?

Source: Freepik

Sesuai namanya, sunday scaries adalah kondisi saat seseorang takut secara berlebih saat akan menghadapi hari senin di penghujung hari minggu. Istilah ini juga terkadang disebut sunday syndrome atau sunday evening feeling. Kondisi sunday scaries dapat timbul setiap minggunya, tergantung pada jadwal seseorang kembali beraktivitas setelah beristirahat. 

Hal ini umum terjadi setiap orang, adapun gejala yang timbul dari sunday scaries seperti rasa gelisah yang berlebih, tegang, gangguan perut, hingga mudah marah. Jika ini dibiarkan, cepat atau lambat perasaan cemas tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh dan dapat berpengaruh pada kinerja seseorang saat beraktivitas. 

Penyebab

Source: Freepik

Biasanya sunday scaries timbul dari transisi akhir pekan yang menyenangkan lalu kembali pada hari senin yang identik dengan kembali pada rutinitas aktivitas biasanya. Sehingga, pada hari minggu seseorang akan mengalami perasaan cemas dan tidak siap untuk kembali ke hari senin.

Namun, sunday scaries juga dapat menjadi sebuah pertanda jika Anda mengalami masalah serius, loh! Misalnya, Anda tidak menikmati pekerjaan saat ini, atau ada hal yang tidak nyaman di sekolah, sehingga Anda merasa takut untuk kembali mengalami hal tersebut.

Cara mengatasi

Source: Freepik

Tapi tenang! Anda dapat mengatasi sunday scaries agar dapat lebih siap mengahadapi hari senin. Pertama, Anda perlu mengidentifikasi alasan timbulnya rasa tidak nyaman tersebut. Apakah ada hal yang tidak membuat Anda nyaman? Atau Anda sudah tidak menikmati pekerjaan Anda lagi? Kenali masalahnya terlebih dahulu.

Lalu gunakan lah libur di akhir pekan untuk beristirahat, mengisi tenaga, dan mood agar hari senin kembali fresh. Lakukanlah hal menyenangkan di akhir pekan, tidur yang cukup, dan lakukan afirmasi yang positif!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.