Fakta dan Mitos Mengenai Menopause yang Perlu Anda Tahu!

Source: Freepik

Menopause merupakan penurunan alami pada hormon reproduksi yang pasti akan dialami oleh wanita, biasanya terjadi pada wanita di usia 40 hingga 50-an. Tentunya hal ini normal terjadi dan penting untuk persiapan dalam menghadapi kondisi ini. Namun sayangnya, masih banyak pandangan keliru mengenai menopause. Berikut beberapa fakta dan mitos mengenai menopause yang wajib Anda ketahui!

Mengalami hot flush

Source: Freepik

Hal ini tidak sepenuhnya fakta dan mitos, memang hot flush atau rasa panas dalam tubuh hingga berkeringat bahkan saat malam merupakan salah satu gejala yang sering dirasakan. Namun, tidak semua wanita merasakan hal tersebut saat memasuki masa menopause. 

Melansir dari klikdokter.com, terdapat penelitian yang menyatakan jika sekitar 80% persen wanita mengalami hot flush, 17% mengalami gejala ringan, dan 3% tidak mengalami. Gejalanya juga dapat berbeda-beda, ada wanita yang mengalami selama berbulan-bulan dan adapun yang mengalaminya selama beberapa tahun.

Terjadi pada usia kepala lima

Source: Freepik

Umumnya menopause terjadi pada kisaran usia 45-55-an. Namun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada awal usia 40an, atau bahkan terlambat yaitu pada usia akhir 50 atau 60-an. Menopause dapat terjadi pada wanita yang sudah tidak mengalami menstruasi pada 12 bulan berturut-turut. Menopause dini dapat terjadi dan dipengaruhi oleh faktor genetik, pernah operasi bagian rahim, atau pernah menjalani kemoterapi.

Pasti mengalami mood swing

Source: Freepik

Menopause dapat menyebabkan perubahan mood, kecemasan, hingga menurunnya energi pada wanita. Ini karena tubuh wanita sedang menyesuaikan diri saat terjadinya penurunan hormon estrogen dan progesteron. Meski ini menjadi gejala yang paling umum, namun tidak semua wanita mengalami hal perubahan mood.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan wanita mengalami mood swing saat menopause seperti masalah kesehatan mental, tingkat stres yang tinggi, dan masalah kesehatan fisik lainnya. 

Menopause membuat gemuk

Source: Freepik

Faktanya, saat menopause metabolisme wanita akan melambat sehingga berat badan cenderung akan meningkat sedangkan masa otot akan menurun. Bahkan, makan sedikit saja akan membuat berat badan naik. Selain itu, adanya perubahan aktivitas estrogen menyebabkan distribusi lemak cenderung berkumpul di area perut atau pinggul. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.