Kurangi Kebiasaan Menggigit Kuku dengan Cara Berikut!

Source: Freepik

Menggigit kuku merupakan kebiasaan yang dapat terjadi secara sadar maupun tidak dan sulit untuk dihentikan. Kebiasaan ini dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Jika kebiasaan menggigit kuku terus dilakukan, ini dapat menimbulkan bahaya seperti infeksi pada kuku, masalah pada gigi, hingga sakit perut.

Meskipun menghilangkan kebiasaan ini tidak mudah, namun Anda perlu menguranginya secara perlahan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan menggigit kuku!

Pastikan kuku selalu pendek

Source: Freepik

Kuku yang panjang dapat men-trigger Anda untuk terus menggigit kuku hingga habis. Maka, Anda harus rutin memotong kuku dan menjaganya tetap pendek. Dengan gitu, keinginan untuk menggigit kuku akan berkurang karena kuku panjang cenderung lebih menarik untuk digigit.  

Menggunakan cat kuku

Source: Unsplash/@element5digital

Menggunakan cat kuku membuat kuku terasa pahit dan tidak enak, ini dapat mengurangi intensitas Anda dalam menggigit kuku. Namun, metode cat kuku untuk mengurangi kebiasaan gigit kuku membutuhkan konsistensi jadi Anda tidak cukup sekali menggunakannya. 

Hal ini dapat dicoba karena selain rasa kuku menjadi tidak enak, banyak pula orang yang tidak suka ada bahan kimia yang masuk ke dalam mulutnya dan dicerna oleh tubuh. 

Habit reversal

Source: Freepik

Membalikkan kebiasaan atau habit reversal dapat Anda lakukan untuk mengalihkan kebiasaan menggigit kuku. Namun, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu hal yang memicu Anda menggigit kuku. Untuk distraksinya dapat menggunakan stess ball, fidget cube, atau differ spinner. Jadi, setiap kali Anda merasa cemas dan ingin menggigit kuku, usahakan untuk mengalihkan pada kegiatan lainnya.

Manicure

Source: Freepik

Untuk wanita, dianjurkan untuk melakukan manicure yang dapat menjaga kuku tetap indah. Anda tidak ingin, kan, merusak kuku yang sudah cantik? Jika kuku terlihat bersih dan cantik dapat mengurangi kebiasaan Anda menggigit kuku karena khawatir hasil manicure akan rusak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.