Cantik dari Dalam, Ini Cara Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami

Source: Freepik

Kolagen adalah jenis protein yang paling banyak di tubuh dan paling banyak ditemukan pada jaringan otot, tulang, tendon, pembuluh darah, serta sistem pencernaan. Salah satu fungsi kolagen adalah menjaga kulit agar tetap kencang sehingga kulit terlihat lebih muda dan sehat. Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan kolagen lebih sedikit yang memicu timbulnya tanda-tanda penuaan.

Untuk meningkatkan fungsi kolagen, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat dengan kandungan kolagen. Anda dapat meningkatkan kolagen dengan cara alami seperti berikut ini!

Minum banyak air putih

Source: Freepik

Cara pertama untuk meningkatkan produksi kolagen adalah dengan stay hydrated! Anda harus minum air 8 hingga 10 gelas per hari untuk menyehatkan dan melembabkan kulit. Air dengan formula tertentu dapat meningkatkan pembentukan serat, yang penuh dengan kolagen serta dapat meremajakan sel-sel kulit. Selain itu, air dapat membuang racun pada tubuh dan mengembalikan kolagen pada kulit.

Selalu gunakan sunscreen

Source: Freepik

Sunscreen is a must! Selain dapat mencegah terkena kanker kulit, sunscreen juga dapat menjaga kulit untuk tetap muda dan kenyal. Ini karena paparan sinar uv dapat merusak kolagen, memicu terbentuknya garis harus, dan kerutan pada kulit. Jadi, selalu gunakan sunscreen baik di dalam maupun luar ruangan, ya!

Banyak mengkonsumsi makanan kaya antioksidan

Source: Unsplash/PriyankaSingh

Antioksidan merupakan zat yang penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Namun, tidak semua antioksidan dapat meningkatkan produksi kolagen dan hanya membantu memaksimalkan fungsi kolagen yang ada. Beberapa makanan dan minuman dengan kandungan yang dapat Anda konsumsi seperti teh hijau, buah delima, kayu manis, kemangi, astragalus, dan oregano.

Batasi konsumsi gula

Source: Unsplash/@estefaniaef

Anda penggemar makanan manis? Sebaiknya kurangi hal ini karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dapat merusak kolagen rusak. Saat kadar gula darah meningkat karena mengkonsumsi makanan manis, jumlah hormon insulin juga akan meningkat. Akibatnya, hormon insulin pada tubuh dapat mengalami peradangan pada jaringan, termasuk jaringan yang memproduksi kolagen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.