Mengenal Manfaat Senam Kegel, untuk Melatih Otot Pinggul Bawah

Source: Unsplash/Katee Lue

Senam kegel merupakan gerakan sederhana untuk menahan dan melepas otot dasar panggul yang dapat dilakukan kapan saja. Mulanya, senam ini dikenal sebagai senam untuk ibu yang baru melakukan persalinan. Tak hanya untuk wanita melahirkan saja, rupanya senam kegel dapat dilakukan oleh siapapun dan memiliki segudang manfaat. 

Kini, senam kegel dianjurkan untuk siapa saja yang ingin melatih atau mengencangkan otot-otot panggul. Meskipun disebut senam, namun senam kegel sebenarnya hanya latihan otot saja yang tidak membutuhkan kekuatan atau ketahanan fisik tertentu. Simak berikut ini manfaat dari melakukan senam kegel?

Membantu mengatasi wasir

Source: Freepik

Senam kegel dapat membantu mengatasi ambeien atau wasir. Untuk Anda yang bermasalah dengan ambeien atau ingin mengatasinya, melakukan senam kegel dapat menjadi pilihan. Ini karena senam kegel dapat melancarkan peredaran darah ke area dubur dan vagina, selain itu juga karena senam kegel melatih otot bagian panggul maka ambeien juga dapat diatasi. 

Memperlancar proses persalinan

Source: Freepik

Menjelang persalinan, ibu hamil lebih disarankan untuk melakukan senam kegel secara rutin. Hal ini dilakukan karena senam kegel dapat membuat otot panggul ibu hamil lebih kuat serta elastis. Dengan begitu, akan membuka jalan lahir yang lebih mudah bagi sang bayi. Dan juga dapat mencegah episiotomi, yaitu pembedahan untuk memperbesar lubang vagina. 

Mengatasi lemahnya otot panggul

Source: Freepik

Lemah otot panggul dapat terjadi pada beberapa kondisi seperti saat pasca-persalinan, mengejan secara berlebih akibat konstipasi, atau berat badan berlebih. Rutin melakukan senam kegel dapat turut mengatasi lemahnya otot panggul, terutama karena beberapa kondisi tersebut.

Membantu meredakan inkontinensia urine

Source: Freepik

Inkontinensia urine merupakan kondisi sulit menahan buang air atau selalu merasa adanya desakan untuk buang air kecil, ini dapat terjadi baik pada pria maupun wanita. Melalui senam kegel, dapat mengatasi permasalahan  ini. Selain itu, penderita inkontinensia juga mudah mengompol saat bersin, batuk, hingga tertawa dan latihan kegel dapat melatih otot panggul bawah sehingga hal ini dapat diatasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.